BERITA UTAMAKABUPATEN SUKABUMI

Lubang Raksasa Muncul di Kadudampit, Diameter Makin Besar

Sementara itu, Koordinator Pusdalops Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna menyebut, lubang besar yang kembali terbentuk di area pesawahan warga disebabkan adanya pelebaran pengikisan tanah akibat hujan deras.

Di lokasi amblasnya tanah atau longsor di area pesawahan tersebut, berpotensi terjadi amblas susulan yang mengancam sekitaran area lainnya di dekat lubang besar tersebut. “Selain itu, mengancam jalan setapak amblas juga,” sahut Daeng.

Menurutnya, kondisi terkini di lokasi lubang besar itu, menurutnya sudah bisa dikendalikan oleh adanya kerjasama relawan, tagana, perangkat desa, tenaga medis, kader posyandu, kader PKK, pemuda, TNI, Polri, Koramil dan Polsek yang siaga 1 kali 24 jam.

“Kita sudah melatih semua komponen, daerah tersebut merupakan Kampung Siaga Bencana. Jadi, masyarakat sudah terlatih tanggap bencana dan antisipasi pengurangan resiko bencana PRB,” ujarnya.

Ia mengimbau, kepada seluruh masyarakat agar selalu siaga dan waspada. Masyarkat harus dapat mengatur piket di siang hari dan ronda malam hari, agar 1 kali 24 jam selalu terpantau, selain itu agar mudah untuk di kendalikan oleh RT, RW, Kadus, Kades, Babinsa dan Babinmas.

“Sebagai upaya pencegahan, kami akan memindahkan warga di dekat lokasi lubang besar tersebut ke rumah-rumah saudara atau keluarga lainnya,” tandasnya.

Di tempat sama, Camat Kadudampit, Jenal Abidin mengatakan, lubang tersebut merupakan dampak daripada hujan deras yang terjadi di wilayah Kecamatan Kadudampit sejak Sabtu (27/4) malam hari.

Laman sebelumnya 1 2 3Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button