BERITA UTAMAKABUPATEN SUKABUMI

Lubang di Kadudampit, Warga Bilang Ada Goa di Bawah Tanah

RADARSUKABUMI.com, SUKABUMI – Lubang besar berdiameter 6 meter di Kampung Legoknyenang, RT 05/02, Desa Sukamaju, Kadudampit, Kabupaten Sukabumi masih viral. Lubang yang beradad di persawahan milik warga bernama Cece Sudirman itu diduga akibat tanah amblas.

Memang belum diketahui penyebab pasti terjadinya lubang misterius itu. Tapi ada yang berpendapat fenomena alam itu diistilahkan sinkhole.

Akroman Nurkarim (56), warga sekitar mengungkapkan, jarak 5 meter dari lubang tersebut terdapat saluran air yang mirip gua. Bahkan, Akroman mengaku pernah masuk ke saluran air tersebut sejak berusia 17 tahun atau tepatnya sekira 75 tahun silam.

“Saya pernah iseng masuk waktu muda. Dari pintu masuk itu lubangnya sempit tetapi pas masuk kedalam ternyata luas bahkan ada dinding seperti cadas di dalam banyak kelalawar juga, yah bentuknya seperti goa hanya ukurannya pendek,” bebernya kepada Radarsukabumi.com, Jumat (7/9/2018).

Akroman menuturkan, lubang saluran air tersebut berukuran besar dan banyak tetesan air dari dinding goa. Diperkirakan jarak dari pintu masuk ke jalan keluar sekitar 50 meteran.

“Dulu waktu masih anak-anak pernah masuk, tetapi sekarang udah enggak, kalau saluran airnya sih masih ada dan jalan sampai sekarang,” imbuhnya.

Sehingga, menurut dia, lubang di Kadudampit yang tercipta karena tanah amblas itu berada di atas saluran air besar di bawah tanah.

Sebelumnya, diberitakan bahwa pada Kamis (6/9/2018) kemarin, warga sekitar mendengar gemuruh disertai getaran dari area persawahan warga sekira pukul 11.30 WIB.

Warga pun akhirnya memasang pagar di sekitar ‘black hole’ itu demi alasan keamanan sebab banyak orang yang datang melihat, dikhawatirkan jatuh ke lubang di Kadudampit tersebut.

Baca: Viral! Lubang Hitam di Desa Kadudampit Sukabumi

(wdy/izo)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button