Lokasi Medan Gempa Turki Mirip Palabuhanratu Sukabumi, Begini Analisanya

medan Gempa Turki Mirip Sukabumi
PENJELASAN : Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menjelaskan soal lempeng arab penyebab gempa Turki.(foto : Daryono)

SUKABUMI — Bencana gempa Turki membuat perhatian bagi semua orang di Dunia, betapa tidak jumlah korbannya mencapai ribuan yang meninggal dan ratusan ribu lainnya terluka.

Belakangan Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengunggah tulisan soal gempa bumi di Turki. Dirinya memberikan gambaran luas wilayah yang mengalami goncangan tanah yang kuat saat gempa Turki M 7,8.

Bacaan Lainnya

“Peta ini memberikan gambaran luas wilayah yang mengalami goncangan tanah yang kuat saat Gemp Turki M7,8. Tantangan tanggap darurat sangat signifikan. Kontur intensitas dari @USGS ini,” jelas Daryono dalam akun Twitternya dikutip Rabu (8/2/2023).

Namun, yang mengejutkan ada salah satu komentar wara twiter yang membamdingkan bahwa lokasi dan medan yang terjadi di Turki seperti di Wilayah Palabuhanratu Sukabumi.

“Geografis nya menyerupai P.ratu ke Sukabumi ya mas,” tulis @mundhri03180616. Pernyataan itu langsung dijawab tegas oleh Daryono. “Wao benar sekali mas😅,” jelas Daryono.

Diketahui, Pernyataan dua orang itu bukan soal hanya bicara kesamaan bentangan peta kedua teluk di lokasi yang berbeda di atas, tapi soal lokasi sesar.

Pos terkait