Libero Asal Nyalindung Sukabumi Sumbang Medali Emas

Altet Voli Sukabumi Irpan
Pemain timnas Voli Putra Indonesia di ajang SEA Games 2021 asal Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi yang berposisi sebagai Libero, Irpan berhasil meraih mendali emas.

Dibalik Keberhasilan Timnas Voli Putra Indonesia di SEA Games 2021

Bibit-bibit atlet asal Sukabumi terus berbicara banyak di kancah nasional maupun Asia. Terbaru, atlet Voli Timnas Putra asal Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Irpan ikut andil dalam partai Final melawan Vietnam di ajang SEA Games 2021.

BAMBANG SURYANA, Sukabumi

Bacaan Lainnya

BANJIR medali didapatkan pasukan Indonesia pada hari terakhir perhelatan SEA Games 2021. Namun yang paling berkesan bagi masyarakat Sukabumi tentu hadirnya sang pahlawan dari cabang olahraga Voli Bal Putra. Kemarin (22/5) Rivan dkk berhasil meraih medali emas setelah sukses menjinakkan perlawanan Vietnam dengan skor 25-22, 25-18, dan 25-15.

Ya, si kecil yang berposisi sebagai libero asal Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Irpan ikut berjibaku bersama rekan-rekannya di partai Final tersebut. Mantan atlet Popda Kota Sukabumi ini pun sukses memberikan medali emas untuk Indonesia.

Bagi Irpan, menjadi atlet timnas Bola Voli Indonesia bukan hal mudah dan butuh perjuangan yang ekstra. Bergelut sejak duduk di bangku SMP, pria kelahiran 12 Februari 1997 ini kerap menelan pil pahit dalam mengarungi perjalanan karirnya.

Bahkan, ia sempat tidur beralaskan kardus saat menjalani karir di sekolah asalnya MAN 1 Kota Sukabumi. “Alhamdulillah, penghargaan ini saya persembahkan untuk Indonesia, keluarga dan Sukabumi yang sudah ikut andil membesarkan saya,” ujar Irpan dalam sambungan telponnya usia pertandingan.

Tentunya bagi Irpan, perjuangan keras ini mampu terbayarkan dengan raiahan medali emas di ajang Internasional dengan durasi dua tahun sekali. Bagi Irpan, capaian emas SEA Games 2021 ini bukan akhir capaian prestasinya. Ia akan berupaya dan berlatih lebih giat lagi untuk mengikuti ajang Asian Games dan even-even mendatang.

Irpan yang juga sukses membawa Bogor LavAni di ajang Proliga 2022 ini berharap, bisa masuk skuad garuda pada ajang bergengsi tersebut dan kembali memberikan medali emas untuk Indonesia. “Harapannya ada yang mengikuti jejak saya.

Bahkan, lebih dari itu supaya atlet Sukabumi lebih termotivasi semangat untuk meraih impiannnya menjadi pemain Voli profesional,” harapnya.

Irpan sendiri mengawali karirnya dari bawah. Bahkan ia memiliki banyak pengalaman khususnya di pertandingan tarkam (antar kampung).

Irpan sudah pernah mengikuti tarkam di sejumlah daerah, termasuk Sukabumi, Bogor, Bekasi, Cirebon, Tegal, Cianjur, Lampung, Jakarta, Bandung, Majalengka, dan masih banyak lagi.

Selama mengenyam pendidikan di perguruan tinggi di STKIP Bina Mutiara Sukabumi, Irpan juga tidak absen mengikuti beberapa turnamen. Termasuk Kejurnas antar perguruan tinggi Tahun 2016 di UNJ dan Kejurda Tahun 2017 di Cianjur mewakili STIE Banten.

Adapun untuk prestasi, Irpan pernah meraih Juara III Kejuaraan antar sekolah di UPI dan menjadi Libero terbaik, Juara I Walikota Cup Kota Sukabumi, Juara I Bupati Cup Kabupaten Sukabumi, dan Juara I Bupati Cup di Cianjur.

Debut bersama Bogor LavAni di Proliga 2022, Irpan berhasil mengantar tim tersebut menjadi juara. Tak hanya itu, Irpan juga meraih gelar individu sebagai Best Libero Proliga 2022. Melihat prestasi tersebut, tidak heran jika Irpan menjadi salah satu libero yang dipanggil untuk bergabung dengan Timnas Voli Putra SEA Games 2021. (*)

Altet Voli Sukabumi Irpan
Pemain timnas Voli Putra Indonesia di ajang SEA Games 2021 asal Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi yang berposisi sebagai Libero, Irpan berhasil meraih mendali emas.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

1 Komentar