Kolecer Dago Sukabumi Tak Terurus

Kolecer di Pendestrian Dago
Kondisi Kolecer di Pendestrian Dago Jalan Ir H Juanda Kota Sukabumi, Minggu (9/1).

SUKABUMI — Kotak Literasi Cerdas (Kolecer) di Pendestrian Dago, Jalan Ir H Juanda, Kecamatan Cikole semakin memprihatinkan. Selain tidak berfungsi sebagai penyimpan buku bacaan, kondisi kolecer tersebut sepertinya tak terurus. Bahkan, sebagian kacanya pecah.

Kotak berbentuk lemari berukuran mini ini seharusnya berisikan buku namun hingga saat ini masih kosong. Hal itu tentunya menjadi sorotan baik pejalan kaki maupun warga sekitar.

Bacaan Lainnya

Salah seorang pejalan kaki, Yandi (29) mengatakan, keberadaan kolecer ini seharusnya dipungsikan dengan baik karena bisa meningkatkan budaya literasi agar masyarakat terpancing untuk gemar membaca.

“Padahal keberadaan Kolecer ini sangat bagus untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Tapi kenapa masih kosong,” kata Yandi kepada Radar Sukabumi, Minggu (9/1).

Lanjut Yandi, tidak dipungkiri sejauh ini minat baca masyarakat khususnya Sukabumi masih rendah. Sebab itu, perlu adanya inovasi yang dapat menggairahkan masyarakat untuk tetap membaca.

“Sebetulnya keberadaan Kolecer ini sangat tepat kalau benar dipungsikan. Karena beradanya di ruang publik, di sini banyak lalu lalang anak muda sehingga keberadaannya sangat tepat,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan warga lainnya, Rio Adiya (27) menuturkan, upaya mendekatkan buku dengan masyarakat perlu dilakukan pemerintah seperti menghadirkan Kolecer ini.

Namun, harus dipelihara dengan baik. “Ya, kalau hanya jadi pajangankan tidak lucu juga, jadi keberadaanya harus bermanfaat,” ucapnya.

Sebab itu, warga meminta agar Pemerintah Kota Sukabumi segera memungsikan Kolecer tersebut sesuai dengan peruntukannya dan bisa dipelihara dengan baik.

“Mudah-mudahan sengan keberadaanya bisa meningkatkan minat baca masyarakat. Dan juga bisa meningkatkan budaya literasi du Kota Sukabumi,” pungkasnya. (bam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *