Parkiran Dago Semrawut, Wali Kota Sukabumi Turun Tangan

Walikota Sukabumi Achmad Fahmi
Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi saat melakukan komunikasi dengan jukir saat melakukan sidak di Jalan Ir H Juanda, Kecamatan Cikole, Senin (16/1).

CIKOLE – Maraknya pengaduan soal semrautnya parkiran di Jalan Ir Juanda, Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi langsung turun tangan melakukan inspeksi mendadak (Sidak), Senin (16/1).

Dalam aksinya, orang nomor satu di Kota Sukabumi ini langsung mengumpulkan para juru parkir (Jukir) untuk menampung aspirasi maupun keluhannya. Mulai dari adanya pengendara yang nyeleneh untuk tidak parkir sembarangan, hingga Jukir meminta dispensasi keringanan setoran harian terhadap retribusi parkir.

Bacaan Lainnya

“Saat ini masyarakat kembali banyak yang mengeluhkan kawasan Dago yang semrawut parkir tidak tertata,” ungkap Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi kepada wartawan, Senin (16/1).

Lanjut Fahmi, setelah dilakukan komunikasi dengan para Jukir ternyata salah satu penyebab semrawutnya parkir tersebut yakni, masih banyaknya pelajar dari beberapa sekolah di kawasan Jalan Ir H Juanda yang membawa kendaraan roda dua.

“Setelah diinventarisir, pada kawasan Dago ini banyak pelajar yang seharusnya belum membawa kendaraan, justru membawa motor sehingga membuat parkiran di Dago ini semrawut” ujarnya.

Tak hanya itu, sambung Fahmi, para Jukir mengaku seringkali adanya pengendara yang ngeyel saat ditegur. Bahkan, menurut pengakuan para jukir, sang pengendara justru menonjolkan sifat arogansinya dengan mengaku sebagai pejabat.

“Pada dasarnya, dengan ditempatkan para jukir itu untuk membantu penataan keindahan suatu wilayah. Terkait nyeleneh para pengendara, kita juga meminta agar jangan terlalu arogan.

Jangan sampai karena dari kalangan ekonomi menengah keatas ataupun pejabat, hingga memarahi tukang parkir. Tugas tukang parkir memang mengingatkan, jadi tidak usah arogan begitulah,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi, Imran Wardhani memaparkan, pada hari pertama bertugas akan membenahi parkir di Jalan Ir H Juanda tersebut.

“Sesuai dengan arahan Bapak Walikota Sukabumi, penertiban kawasan parkiran di Jalan Ir H Juanda ini harus segera dilakukan untuk menjaga kelancaran arus lalulintas,” paparnya.

Imran menambahkan, saat ini Dishub telah melakukan beberapa opsi tindak lanjut untuk mengatasi semrawut parkir di kawasan Dago. Selain melakukan inventarisir para pengendara yang memarkirkan kendaraan, juga dilakukan himbauan kepada para Jukir yang bertugas.

“Saat ini, kami melakukan survey kepada para pengendara kendaraan yang memarkirkan kendaraannya di kawasan Dago. Kami juga akan melakukan koordinasi dengan pihak sekolah di kawasan Dago, untuk menghimbau kepada siswa yang belum memiliki SIM agar tidak membawa kendaraan,” tukasnya. (bam)

Pos terkait