Kenapa Sungai Aare Swiss Tiba-tiba Menjadi Deras, Ternyata Ini Penyebabnya

Kondisi sungai Aaree, Bern Swiss saat deras.
KONDISI SUNGAI AARE : Kondisi sungai Aaree, Bern Swiss saat deras. Diketahui sungai itu yang membuat Putra Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat, Emmril Khan Mumtadz hilang terseret arus sungai saat berenang di sungai Aaree, Bern Swiss pada hari Kamis (26/05/2022). (foto : aargauerzeitung.ch)

SWISS — Adanya kabar Putra Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat, Emmril Khan Mumtadz hilang akibat terseret arus sungai saat berenang di sungai Aaree, Bern Swiss pada hari Kamis (26/05/2022) membuat warga Jawa Barat Prihatin.

Sejumlah pihak mempertanyakan kenapa Emmril Khan Mumtadz bisa terbawa arus dan hilang, padahal anak sulung Ridwan Kamil itu diketahui merupakan atlet renang. Fakta menyebutkan kenapa air sungai Aare tiba-tiba menjadi deras dari pada sebelumnya, ternyata disebabkan oleh aturan lingkungan di negara tersebut.

Bacaan Lainnya

Sejak Januari tahun 2022 lalu, memang perusahaan milik negara Swiss di bidang listrik Alpiq di Winznau dalam laman resminya menyebutkan Pemicu untuk penggandaan ini adalah peraturan lingkungan yang diperbarui di konsesi baru untuk pembangkit listrik tenaga air Gösgen.

“Sejak 1 Januari 2022, Alpiq harus mengalirkan antara 15 dan 25 meter kubik air per detik ke jalur lama Aare di bendung Winznau. Itu dua kali lipat dari tahun-tahun sebelumnya,” tulis perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

Alasan volume air yang jauh lebih tinggi adalah konsesi baru untuk pembangkit listrik tenaga air Gösgen, yang telah berlaku sejak 2020, dan persyaratan lingkungan yang dirumuskan di dalamnya. Volume air yang lebih tinggi meningkatkan habitat di sepanjang bentangan Aare antara Winznau dan Niedergösgen.

Alpiq secara kasar mencerminkan kondisi debit alami Aare dan memungkinkan lebih sedikit air mengalir di atas bendung di musim dingin dan lebih banyak di musim panas. Mulai Mei 2022, debit akan menjadi 25 meter kubik per detik, yaitu 25.000 liter air per detik. Kolam renang sepanjang 50 meter di kolam renang Olten dapat diisi air sebanyak ini hanya dalam waktu satu menit.

Semakin banyak air mengalir ke Aare lama melalui bendung, semakin rendah produksi listrik di pembangkit listrik Gösgen. Karena volume air Aare lama hilang di kanal dan di rumah mesin di Niedergösgen. Menggandakan jumlah air dalam jangka panjang mengurangi produksi listrik tahunan pembangkit listrik tenaga air Gösgen sekitar 5 gigawatt per jam. Jumlah ini sesuai dengan konsumsi listrik tahunan sekitar 1100 rumah tangga atau produksi pembangkit listrik tenaga air kecil berukuran sedang.

Penjaga pantai Swiss Life Saving Society SLRG
Penjaga pantai Swiss Life Saving Society SLRG saat melakukan pelatihan penyelamatan.

Terbitkan Waspada banjir dan Air Deras

Jumlah air yang lebih besar di jalur lama Aare di bawah Winznau tidak hanya memperkaya habitat air. Mereka juga meningkatkan daerah sungai untuk kegiatan rekreasi dan bagi mereka yang mencari relaksasi. Tetap berada di air di bawah bendung bukannya tanpa bahaya: “Banjir juga dapat terjadi tanpa badai petir dan hujan lebat,” katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan