Kawasan Obyek Wisata Situ Gunung Sukabumi Ditutup

Kawasan obyek wisata Situ Gunung
SEPI : Kawasan obyek wisata Situ Gunung Kadudampit Kabupaten Sukabumi akhirnya ditutup hingga batas waktu yang belum ditentukan.(Foto : dok)

SUKABUMI — Menyusul adanya insiden kecelakaan yang menewaskan dua orang wisatawan dan satu kritis, tempat kawasan obyek wisata Situ Gunung Kadudampit Kabupaten Sukabumi akhirnya ditutup hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Penutupan tersebut ditegaskan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atau KLHK melalui BBTNGGP (Balai Besar Taman Nasional Gunungede Pangrango). Kepala BBTNGGP Sapto Aji Prabowo kepada awak media menegaskan bahwa penutupan tersebut berkaitan dengan adanya korban meninggal dunia di lokasi obyek wisata Situ Gunung.

Bacaan Lainnya

“Kejadian ini (Tewas dua wisatawan red), jadi pembelajaran. Kami sudah koordinasi dengan Kepolisian untuk menutup sementara dan menyiapkan mitigasi serta evaluasi atas kecelakaan tersebut, “jelas Sapto saat memantau proses pencarian wisatawan yang tenggelam.

Menurutnya, kedepan di area lokasi wisata Situ Gunung akan berikan tanda larangan untuk tidak berenang kemudian akan ada penambahan dan pembenahan insfrastruktur termasuk SOP keselamatan. Kemudian termasuk evaluasi sistem pemantauan atau penjagaan dari petugas TNGGP.

“Untuk yang ditutup adalah wisata danau Situ Gunung Saja, kalau wisata jembatan gantung masih bisa dibuka. Kita evaluasi semuanya. Untuk itu kami tutup sementara objek wisata danau situgunung ini bagi publik,” bebernya.

Sebelumnya, Dua dari Tiga wisatawan yang dikabarkan tenggelam di kawasan wisata Situ Gunung, Desa Sukamanis, Kecamatan Kadudampit, dikabarkan meninggal dunia pada Minggu (01/01).

Kedua korban yang meninggal atas nama Nandi (24) ditemukan dalam keadaan meninggal dunia sekitar pukul 11.15 WIB oleh tim SAR gabungan. Sementara, korban atas nama Benthar Kutanagara (28) ditemukan meninggal dunia pada pukul 16.12 WIB. (Sebelumnya ditulis, korban atas nama Nandi masih hilang)

Kepala Kantor SAR Jakarta selaku SAR Mission Coordinator (SMC) dalam operasi SAR, Fazzli mengatakan, peristiwa yang terjadi sekitar pukul 11.00 WIB ini, bermula saat sekelompok wisatawan yang berjumlah 17 orang menyewa rakit yang disediakan di tempat wisata tersebut

“Kemudian di tengah perjalanan seorang wisatawan yang bernama Benthar Kutanagara (28) (Sebelumnya ditulis atas nama Nandi) menceburkan dirinya ke situ tersebut untuk berenang,” kata Fazzli.

Tidak lama setelah itu, Benthar tidak terlihat di permukaan air kawasan Situ Cigunung dan dinyatakan tenggelam. Setelah itu, kedua rekannya yang bernama Nandi (24) dan Elvin (24) kemudian melakukan upaya penyelamatan terhadap rekannya tersebut.

“Namun karena kurangnya kemampuan mereka berenang, sehingga menyebabkan keduanya ikut menjadi korban tenggelam,” ujarnya.

Pos terkait