Kabar Terbaru, Proyek Tol Bocimi Bakal Dibiayai Dana SWF, Ini Faktanya

  • Whatsapp
MEMBENTANG : Sejumlah kendaraan pada saat melintas Tol Bocimi seksi I beberapa waktu lalu. (foto: handi Radar Sukabumi)

SUKABUMI — Setelah sebelumnya pemerintah mengumkan akan melelang proyek pengerjaan tol Bocimi (bogor-Ciawi-Sukabumi) dan delapan tol lainnya ke Swasta. Kini muncul wacana, bahwa pengerjaan tol tersebut akan dibiayai oleh Sovereign Wealth Fund (SWF) Indonesia atau Indonesia Investment Authority (INA).

CEO INA Ridha DM Wirakusumah menyebut akan ingin bekerja sama dengan BUMN terkait pembiayaan tol. “Kami ingin bekerja sama dengan BUMN kalau ada investor masuk, investor itu kan menyertakan modal, mereka kan pemilik nantinya akan jadi. Sama awalnya dengan Waskita Karya,” kata Ridha di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (16/2/2021) seperti dikutif CNBC Indonesia.

Bacaan Lainnya

Memang sebelumnya Waskita Karya ingin mendivestasikan atau pelepasan saham kepada pihak swasta di tahun ini. Yakni ruas Medan – Kualanamu, Tebing Tinggi, Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat, Cibitung – Cilincing, Cinere – Serpong, Bogor – Ciawi – Sukabumi, Depok – Antasari, Pemalang – Batang, Batang – Semarang dan Krian – Legundi – Bunder Manyar. Kesembilan tol ini memiliki nilai investasi sebesar Rp 11 triliun.

Sementara saat dikonfirmasi kepada Corporate Secretary PT Waskita Toll Road, Alex Siwu menjelaskan rencana divestasi 9 ruas tol telah dilakukan prosesnya dengan beberapa opsi. “Di antaranya divestasi kepada investor strategis dan instrumen modal, melalui SWF juga merupakan opsi bagi kami untuk divestasi dan/atau pendanaan,” katanya kepada CNBC Indonesia, Rabu (17/2/2021).

Dari kesembilan ruas tol itu Alex mengaku sudah ada peminatnya baik dari investor lokal maupun asing. Tapi detail kepada siapa peminatnya dan ruas mana belum bisa diberikan infomasinya untuk saat ini.

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *