Jembatan Padabeunghar Sukabumi Terancam Ambruk

Jembatan Padabenghar Sukabumi

SUKABUMI – Kondisi jembatan Padabeunghar yang menghubungkan Kecamatan Cikembar dengan Kecamatan Jampangtengah, terancam. Bagaimana tidak, jembatan yang merupakan dibawah pengawasan UPTD Jalan dan Jembatan Wilayah Pelayanan II Sukabumi pada Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Provinsi Jawa Barat itu, mengalami kerusakan pada bagian pondasi dan tembok penahan tanah jembatan. Ini terjadi akibat gerusan air sungai Cimandiri.

Kepala Desa Padabeunghar, Kecamatan Jampangtengah, Hendrik kepada Radar Sukabumi mengatakan, kondisi kerusakan pada bagian pondasi yang berfungsi untuk menyangga badan jembatan itu, sangat mengkhawatirkan.

Bacaan Lainnya

“Iya, itu rusak pada tembok penyangga atau pondasi jembatannya. Karena, tergerus sungai Cimandiri yang mengalir ke saluran irigasi Leuwimasbar. Untuk kerusakannya ada sekitar 1,5 meter,” kata Hendrik kepada Radar Sukabumi pada Jumat (19/01/2023).

Pihaknya mengaku, sudah melaporkan peristiwa longsoran yang menyebabkan ambruknya pondasi dan TPT jembatan itu, kepada pemerintah Kecamatan Jampantengah dan pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi hingga pemerintah Provinsi Jawa Barat. “Kami sudah melaporkan kondisi ini, kepada Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat. Bahkan, kepada Pak Bupati juga sudah saya laporkan.” paparnya.

Pihaknya berharap, pemerintah Provinsi Jawa Barat dapat segera memperbaiki jembatan tersebut. Mengingat, jembatan yang menghubungkan dua kecamatan ini, sangat vital untuk menunjang akses lalu lintas warga menuju tempat publik. Seperti layanan kesehatan, sekolah, pasar dan area publik lainnya.

“Jembatan ini, merupakan satu-satunya akses warga menuju daerah perkotaan. Bahkan, jembatan ini sering digunakan warga dari daerah Pajampangan. Mulai dari Lengkong, Sagaranten, Pabuaran, Purabaya dan daerah lainnya,” pungkasnya. (Den)

Pos terkait