DATA COVID-19 Update : 1 April 2020 pukul 16.00 WIB
Kasus PositifMeninggalSembuh
DKI Jakarta

808

85

50

Jawa Barat

220

21

11

Indonesia

1.677

157

103

Dunia (202 Negara)754.94836.531
BERITA UTAMAKABUPATEN SUKABUMI

Jalan Perintis Kemerdekaan Cikembar Dikeluhkan

SUKABUMI — Sejumlah warga Kampung Gunungkarang RT (3/5), Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar, mengeluhkan kondisi Jalan Perintis Kemerdekaan yang terancam putus akibat gerusan longsor. Bahkan, beberapa rumah yang lokasinya berdekatan dengan jalan terancam.

Dari informasi yang diperoleh Radar Sukabumi, jalan berstatus Provinsi Jawa Barat sudah tergerus longsor hingga 1,5 meter dengan panjang hampir lima meter ini nyaris seluruh badan jalan ambles.

Selain mengancam putusnya akses jalan tersebut juga mengancam dua rumah yang letaknya tidak jauh dari lokasi kejadian.

“Kejadian ini sudah hampir empat bulan namun belum juga ada perbaikan. Kami khawatir saat turun hujan terjadi longsor susulan yang dapat mengakibatkan jalan terputus dan menimbun rumah warga yang persis di bawah jalan,” kata salah seorang warga setempat, Rizwan Prasetia (25) kepada Radar Sukabumi, KamisĀ  (27/2).

Bahkan saat ini, lanjut Rizwan, karena sebagian bahu jalan tergerus longsor maka arus lalu lintas pun terhambat. Untuk mengantisipasi kemacetan, warga berinisiatif menggunakan sistem buka tutup jalan sehingga arus lalu lintas berjalan normal. “Warga terpaksa membuka tutup jalan karena khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” paparnya.

Menurutnya, pemerintah sudah melakukan pengecekan lokasi kejadian tetapi, sampai saat ini perbaikan tidak kunjung terealisasi sehingga warga terus dihantui rasa was-was ketika turun hujan.

Loading...

“Kami sangat khawatir terjadi longsor susulan. Apalagi saat ini musim hujan dan kondisi tanah cukup labil sehingga sering terjadi longsor di daerah sini,” imbuhnya.

Hal senada diungkapkan, Cecep (26) untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan warga meminta pemerintah segera menanggapi keluhan warga tersebut.

“Kami berharap, pemerintah daerah maupun provinsi bisa cepat respons untuk memperbaiki jalan ini karena khawatir terjadi longsor susulan yang dapat mengancam keselamatan warga,” pungkasnya. (bam/d)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button