Hari Ini Kabupaten Sukabumi Gelar Pilkades Serentak di 71 Desa

  • Whatsapp

SUKABUMI – Hari ini Pemda Kabupaten Sukabumi menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 71 desa. Untuk penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan tersebut pemerintah daerah telah menggelontorkan dana hingga Rp5 Miliar.

Berdasarkan data Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi menunjukan puluhan desa yang menggelar pilkades serentak ini tersebar di 38 kecamatan. Momen akbar tersebut diikuti oleh 286 calon kepala desa.

Bacaan Lainnya

Dua hari sebelumnya, ratusan calon pemimpin tingkat desa itu telah menyatakan siap menang dan siap kalah. Hal itu disampaikan para calon kades dalam deklarasi damai dihadapan Bupati Sukabumi Marwan Hamami beserta unsur muspida lainnya.

“Dinamika sosial dan politik yang terjadi saat ini, dapat berpotensi menimbulkan berbagai kerawanan. Apabila tidak diantisipasi dan ditangani dengan baik, dikhawatirkan dapat mengganggu keamanan, ketertiban dan kelancaran selama tahapan Pilkades dilaksanakan,”ujar Marwan dalam sambutannya.

Jauh hari sebelumnya, Marwan Hamami mengingatkan  bahwa tiga pilar pedesaan menjadi kunci utama dalam mewujudkan pilkades serentak yang tertib, bersih dan damai. Tiga pilar dimaksud antara lain Kepala Desa, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas.

“Diperlukan komunikasi serta sinergitas yang baik diantara ketiga pilar tersebut.  Saya pikir, ketiga elemen tersebut merupakan ujung tombak dalam menciptakan ketertiban dan keamanan wilayah,” ungkap Marwan. (Tonny)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *