Gawat, Perekrutan Panitia Pemungutan Suara Sepi Peminat

  • Whatsapp

CITAMIANG – Satu hari menjelang penutupan pendaftaran calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk penyelenggaraan Pilkada Kota Sukabumi maupun Pilgub Jawa Barat, jumlah pendaftar atau pelamar masih relatif minim.

Bertugas sebagai penyelenggara pemilu di tingkat kelurahan tersebut tampak kurang diminati masyarakat. Padahal seperti petugas pemilu lainnya, menjadi anggota PPS pun tentu akan mendapatkan honor setiap bulannya.

Bacaan Lainnya

Sepinya peminat untuk mengisi formasi PPS ini sepertinya telah membuat para komisioner KPU kalang-kabut. Beberapa hari terakhir ini, mereka bergerak cepat melakukan perekerutan dengan melibatkan pemerintahan kecamatan maupun kelurahan.

Informasi yang diperoleh radarsukabumi.com, hingga satu hari menjelang penutupan pendaftaran calon anggota PPS, masih terdapat kekurangan jumlah personil di beberapa keluarahan. ” Kami terus berkoordinasi kepada camat dan kelurahan agar masyarakat yang ingin menjadi PPS untuk segera mendaftar ke KPU,” ujar anggota KPU Kota Sukabumi Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Sri Utami.

Secara rinci Utami menguraikan terdapat 18 kelurahan yang hingga kini masih mengalami kekurangan jumlah personil PPS. Belasan kelurahan tersebut antara lain Kelurahan Baros, Sudajaya hilir, Jaya raksa, Lembursitu, Cikundul, Cipatengah, Limus Nunggal, Sindang palay, Babakan, Dayeh luhur, Nyomplong, Cikole, Selabatu, Subang jaya, Gunung parang, Cikondang, Nanggeleng dan Kelurahan Gedong Panjang.

“Rata- rata setiap kelurahan hanya baru ada dua sampai tiga orang saja, kami masih membutuhkan calon PPS lagi. Kami berharap masyarakat yang akan mendaftar untuk segera daftar di KPU,” tegasnya.

Dijelaskan Utami lebih lanjut, dalam proses perekrutan calon anggota PPS ini, KPU telah menargetkan agar jumlah calon yang dijaring berjumlah minimal dua kali lipat dari jumlah formasi PPS sebanyak tiga orang untuk setiap kelurahan.

Penargetan tersebut diterapkan semata-mata agar proses penjaringan bisa menghasilkan petugas-petugas terbaik. ” Dibutuhkan setiap PPS itu kan 3 orang per kelurahan. Nah minimal yang daftar itu jadi 6 orang, jadi agar leluasa untuk memilih yang terbaik,” jelasnya.

” Rata- rata baru ada 2 sampai 3 orang, kami masih membutuhkan calon PPS

Ironis, KPU Kota Sukabumi masih mengalami kekurangan petugas PPS dalam jumlah banyak. (Ikbal/radarsukabumi.com)

lagi. Begitupun di kelurahan lainnya. Makanya bagi masyarakat yang akan mendaftar untuk segera daftar di KPU,” pungkasnya. (Ikbal)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *