Festival Durian Cikakak II Meriah

RESMI: Bupati Sukabumi saat membuka acara festival duren Cikakak II di Lapang Batu Karut Inna Samudera Beach Hotel.

RADARSUKABUMI.com, CIKAKAK – Festival durian lokal asal Kecamatan Cikakak berlangsung meriah, di Lapangan Batu Karut Samudera Beach Hotel, Jum’at (1/2). Pantauan Radar Sukabumi, selain warga asal Sukabumi, luar daerah hingga Jakarta pun berdatangan dalam acara ini. Mereka nampak tak ingin ketinggalan menikmati durian yang terkenal nikmat dengan hanya membayar Rp50 ribu namun bisa makan sepuasnya.

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami mengatakan, pentas buah eksotis produk lokal ini merupakan sarana untuk mempromosikan varietas lokal unggulan di Kabupaten Sukabumi. Budidaya buah durian berbasis kawasan dengan pengembangan model agribisnis harus didukung sarana produksi dan pemasaran secara terpadu dan berkelanjutan serta bisa mendukung sektor lain seperti kepariwisataan.

Bacaan Lainnya

“Acara seperti ini perlu dilakukan kembali guna mempromosikan buah unggulan, khususnya durian lokal unggul yang ada di Kabupaten Sukabumi. Target kita, varietas ini harus bisa menjadi varietas unggulan tingkat nasional. Karena lebih jauh daya tarik buah eksotis ini diyakini bisa mendukung destinasi wisata Geopark Ciletuh-Palabuhanratu,” ujar Marwan saat memberikan sambutan, Jum’at (01/02/2019).

Marwan berharap, kedepannya penyelenggaraan festival durian ini harus berkembang dan diikuti tidak hanya dari Cikakak saja, tapi diikuti oleh durian dari daerah lain luar Kabupaten Sukabumi. “Untuk tahun yang akan datang, kita selenggarakan festival durian tingkat nasional. Jadi tidak hanya menampilkan varietas durian dari Kabupaten Sukabumi saja, dari luar pun kita hadirkan,” pungkasnya. (ren)

 

 

Pos terkait