BERITA UTAMAKABUPATEN SUKABUMI

Diterjang Banjir, Jembatan di Cibitung Nyaris Putus

CIBITUNG — Banjir bandang di Sungai Cisuereuh, telah menyebabkan jembatan gantung penghubung Kedusunan Cibitung dengan Kedusunan Calingcing, Desa/Kecamatan Cibitung, rusak, Senin (27/1).

Meski tidak ada korban jiwa, namun akibat bencana ini, ratusan jiwa yang ada di kedusunan tersebut, tidak bisa bisa berakivitas sebagaimana mestinya.

Koordinator Vertical Rescue Indonesia Region Pajampangan, Agus Yoga priatna mengatakan, bencana banjir yang terjadi sekira pukul 14.00 WIB ini, telah menyebabkan Jembatan Gantung Merah Putih nyaris putus.

“Jembatan itu, rusak setelah banjir bandang setinggi delapan meter. Iya, waktu banjir bandang ada kayu yang terbawa luapan air dan menerjang badan jembatan, sehingga jembatan itu rusak” ujar Agus kepada Radar Sukabumi melalui telepon selulernya, Selasa (28/1).

Jembatan penghubung dua kedusunan di Desa Cibitung ini, sambung Agus, merupakan akses utama warga menuju tempat publik. Seperti Puksesmas, pasar, sekolah dan area publik lainnya.

“Jembatan itu, sangat vital bagi ratusan warga yang ada di kedusunan itu. Kasian sekarang warga tidak bisa berakvitas seperti biasanya. Kalau meski ke pasar, warga harus keliling arah ke daerah Cibodas Cibitung dengan jarak sekitar lima kilo meter, itu pun kondisi jalan berkoral,” ujarnya.

Loading...

Menurut Agus, peristiwa banjir bandang hingga merusak badan jembatan gantung itu, bukan pertama kalinya terjadi. Pada 2016 lalu, jembatan yang memiliki panjang sekitar 60 meter dengan lebar 120 centimeter itu, sempat putus setelah diterjang banjir bandang.

“Jemabatan Merah Putih ini, dibangun oleh Vertical Rescue bersama masyarakat setempat dengan anggaran sekitar Rp20 juta. Jembatan ini, selalu digunakan warga untuk dilintasi kendaraan sepeda motor untuk mengangkut hasil pertaniannya,” imbuhnya.

Untuk itu, ia bersama teman-temannya dari komunitas Vertical Rescue berencana akan melakukan peninjauan ke lokasi jembatan tersebut pada Selasa (28/1).

“Insya Allah besok kita akan ke sana dan berupaya memperbaiki jembatan yang nyaris putus itu,” pungkasnya. (den/d)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button