Di Sukabumi, Kemendikbudristek Berikan Laptop untuk SDN Gunungrosa

  • Whatsapp
DIGITALISASI SEKOLAH: Wali Kelas V SDN Gunungrosa Kabupaten Sukabumi, Dede Intan Slamet saat mengikuti Bimtek penggunaan dan Pemanfaatan Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) SD Tahap 2 di Tangerang pada 30 Agustus-1 September 2021.

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Asesmen Nasional (AN) merupakan salah satu program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang rencananya akan diberlakukan tahun ini.

Guna melaksanakan AN tersebut, tentunya setiap sekolah harus didukung oleh ketersediaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang memadai antara lain komputer atau laptop minimal 15 unit, beserta perangkat lainnya yaitu internet.

Menanggapi hal tersebut, rencananya dalam waktu dekat ini Kemendikbudristek akan memberikan bantuan berupa alat TIK kepada beberapa sekolah yang berada di wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T).

Bantuan ini juga sekaligus sebagai program Kemendikbudristek untuk melakukan digitalisasi sekolah mulai tahun ini.

Untuk di Kabupaten Sukabumi, sebanyak 39 sekolah mendapat bantuan perangkat TIK dari Kemendikbudristek. Salah satunya SDN Gunungrosa yang berada di Susukancagak, Desa Mangunjaya Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi.

“Alhamdulillah SD kami menjadi salah satu sekolah yang akan mendapat batuan TIK tersebut,” terang Wali Kelas V SDN Gunungrosa, Dede Intan Slamet kepada Radar Sukabumi, Senin (6/9/2021).

Adapun lanjut Dede, bantuan TIK tersebut berupa 15 laptop, satu infokus, satu alat printer dan satu modem. Rencananya alat TIK ini akan dipergunakan untuk pelaksanaan AN tahun ini.

Dede pun menambahkan, SDN Gunungrosa sudah siap melaksanakan ANBK, bahkan sebelumnya pihak sekolah sudah melaksanakan simulasi dengan peralatan TIK seadanya.

“Kesiapan sekolah kami untuk menghadapi ANBK sejauh ini insya Allah semaksimal mungkin, kita sudah membeli modem sebagi salah satu syarat harus ada internet. Mungkin jika bantuannya sudah datang akan lebih maksimal lagi,” ucapnya.

Masih kata Dede, SDN Gunungrosa sebelumnya memang memiliki peralatan komputer. Hanya saja dipakai oleh operator sekolah. Oleh karena itu, ia pun mengajukan bantuan alat ke Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi.

“Awalnya mengajukan ke disdik kabupaten, Alhamdulillah di ACC kemudian ikut Bimtek dan insya Allah kita bakal terima TIK dari Kemendikbudristek,” imbuhnya.

Ia pun berharap dengan adanya bantuan ini anak-anak terbiasa menggunakan teknologi, walaupun sekolahnya berada di perkampungan dan ingin bersaing dengan sekolah yang berada di kota. (wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *