Budi Kancil, Pahlawan Air Bersih Dari Sukabumi

  • Whatsapp
Sejumlah warga Kampung Cigagak, Desa Cimerang, Kecamatan Purabaya, antusias mendapatkan air bersih secara gratis.

Budi Kancil, pria perawakan kecil asal Kampung Cigagak, Desa Cimerang, Kecamatan Purabaya, cukup pantas menyandang gelar pahlawan masa kini.

Laporan Bambang Suryana

Bacaan Lainnya

Pria yang sehari-hari bertugas di Desa Cimerang ini, berhasil menyalurkan air bersih dari sungai ke pemukiman warga dengan modal mesin penyedot dan selang sepanjang 300 meter miliknya, ratusan warga yang mengalami kesulitan air bersih selama tiga bulan ini bisa menikmati air bersih.

Selain itu, air yang setiap hari disalurkannya diberikan secara cuma-cuma alias gratis kepada warga yang membutuhkan. Warga pun merasa amat terbantu oleh si Budi Kancil sang pahlawan air bersih.

Kepada Radar Sukabumi, Budi mengaku penyaluran air bersih itu berangkat dari keprihatinan semua warga yang harus jauh mengangkut air bersih dari sungai untuk keperluan mandi, cuci hingga minum karena nyaris seluruh sumur milik warga kering akibat musim kemarau panjang.

“Awalnya, ini saya lakukan karena cukup prihatin melihat warga setiap hari harus bolak balik ke sungai untuk mengambil air. Karena, saya punya mesin sedot dan selang, maka saya manfaatkan untuk kepentingan warga,” kata Budi, (10/11).

Budi mengaku, hal itu dilakukannya secara sukarela karena memang perekonomian warga tergolong di bawah rata-rata. Setiap harinya, warga dari tiga ke-RT-an mengantre di halaman rumahnya untuk mengambil air bersih.

“Gratis, saya tidak pungut biaya sepeser pun. Kalau yang menikmati cukup banyak, warga tiga RT, bahkan ada juga dari wilayah lain sengaja datang,” ujarnya.

Selama mesin penyedotnya hidup, Budi Kancil bakal terus melakukannya hingga musim hujan datang dan sumber air masyarakat kembali normal. Budi Kancil pun tidak menghiraukan sebutan pahlawan air bersih kepadanya.

Prinsipnya, bahwa hidup itu harus berguna dan bermanfaat bagi sesama. “Selama mesin hidup, selang tidak bolong setiap hari akan saya salurkan air ke warga. Saya memegang prinsip, kita hidup harus bermanfaat bagi sesama manusia,” pungkasnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *