BERITA UTAMADPRD Kabupaten SukabumiKABUPATEN SUKABUMI

Berhimpun Saling Memaafkan untuk Tingkatkan Perbuatan Baik

SUKABUMI – Kemarin (27/05) menjadi hari dimana Baldatun Center mengumpulkan seluruh pengurus pusat dan wilayah yang terdiri Koordinator Kecamatan (Korcam) dan Koordinator Desa (Kordesa) yang ada di enam kecamatan di Daerah Pemilihan (dapil) III Kabupaten Sukabumi. Puluhan pungurus dari 58 desa satu kelurahan di Kecamatan Cikembar, Cicantayan, Caringin, Nagrak, Cibadak, dan Cikidang berdatangan untuk menghadiri halal bihalal yang digelar di saung pergerakan Baldatun Center.

Pendiri sekaligus penanggungjawab Baldatun Center, Ade Dasep Zaenal Abidin mengatakan, sengaja para pengurus dikumpulkan untuk berhimpun saling memaafkan untuk kemudian di hari kedepan bisa meningkatkan perbuatan-perbuatan yang Amar Ma’ruf Nahi Munkar artinya para pengurus diberikan satu motivasi untuk bisa mengarah kepada kebaikan dan mencegah kepada hal-hal yang tidak baik.

“Kan mereka (pengurus red), adalah orang yang dipercaya lembaga baldatun untuk mengurusi anak yatim di wilayahnya masing-masing. Hari ini, mereka diberikan satu arahan dan motivasi sekaligus untuk saling memaafkan agar kedepan program yang digagas baldatun berjalan dengan baik lagi dari tahun sebelumnya,” jelas orang yang juga sebagai Koodinator Presidium MD KAHMI Sukabumi ini, kemarin (27/05).

Menurutnya, kesempatan halalbihalal sudah menjadi tradisi yang bernuansa religius-sosial, setidaknya di keluarga besar Baldatun. Kebiasaan itu mengekspresikan kebahagiaan setelah menjalani hari-hari yang penuh berkah Ramadan. Dengan diliputi rasa syukur, keinginan untuk saling maaf-memaafan, dan sama-sama berintrospeksi diri menjadikan semangat baru untuk kembali memantapkan diri untuk terus berbuat untuk Kabupaten Sukabumi, khususnya dalam mengurus anak yatim.

“Selain mereka diberikan mandat mengurus anak yatim piatu binaan yang belum aqil balig, baldatun juga berkewajiban untuk meningkatkan kualitas akhlak para pengurus. Membiasakan diri melakukan hal yang baik dan bermanfaat. Bermanfaat dalam hal ini, tentu bermanfaat bagi diri sendiri serta bagi orang lain dalam kata lain berbuat untuk tetap semangat memakmurkan anak yatim,” terangnya.

Lebih lanjut orang yang juga menjabat sebagai Sekretaris Fraksi Partai Gerindra Kabupaten Sukabumi ini mengatakan, para pengurus memang diciptakan untuk bisa memiliki sifat solidaritas tinggi antar sesama. Karena di Baldatun sendiri, ada program yang sudah berjalan dengan Koperasi Garudayaksa Nusantara (KGN). Dimana, mereka menyebarkan pinjaman bantuan kepada masyarakat. Pasalnya, dalam kegiatan tersebut juga mereka diberi pinjaman permodalan buat masing-masing kordes yang mengurus anak yatim tersebut sebesar Rp1 juta untuk 10 bulan dengan pengembalian tanpa bunga artinya kembali Rp 1 juta lagi.

“Jiwa saling menolongnya para pengurus juga dikembangkan dibawah wadah KGN, mereka diberikan mandat tambahan yakni mengurus masyarakat dengan memberikan bantuan pinjaman kepada masyarakat yang ingin berwiraswasta atau berjualan. Banyak warung-warung yang sudah diberikan bantuan, supaya mereka juga bisa membantu ekonomi masyarakat,” cetus orang yang juga sebagai Sekretaris Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi tersebut.

Sudah barang tentu, pengurus baldatun sendiri dari mulai segi akhlak, peduli sesama dan jiwa petarung menjadi syarat utama agar dalam menjalankan programnya tidak mengeluh dengan keadaan. Dirinya yang diketahui sebagai Ketua Komwil I PPS-SMI Sukabumi dimamfaatkan untuk memberikan satu faham kepada pengurus agar tetap tegar dalam segala kondisi.

“Para pengurus ini sudah teruji, dan siap dan harus siap menjadi petarung untuk kebaikan. Artinya, dalam kondisi apapun para pengurus harus tetap bergerak agar tujuan baldatun yakni, Budaya Baca, Faham dan Amal Alquran dengan Wakaq Alqurannya, serta budaya memakmurkan anak yatim berjalan dengan baik. Karena hanya dua visi itulah baldatun itu hadir ditengah-tengah masyarakat tiada lain,” tukasnya. (hnd)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button