Anies Baswedan Kunjungi Radar Bogor Group, Diskusi Bareng Pentolan Media Massa

Anies Baswedan
Bacapres dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan menyambangi Graha Pena, Kota Bogor, Minggu (17/9).(Radar Bogor/Sofyansyah)

BOGOR – Forum Pemred Radar Bogor Group menyampaikan aspirasi kepada bakal calon presiden (bacapres) Anies Baswedan. Bacapres dari Koalisi Perubahan itu menyambangi Graha Pena, Kota Bogor, Minggu (17/9).

Pada kesempatan itu, aspirasi Forum Pemred Radar Bogor Group itu dibacakan oleh Pemred Radar Bogor, Ricky Noor Rachman. Ada 10 poin yang telah disepakati secara bersama.

Bacaan Lainnya

“Kami sudah menuliskan beberapa kesepakatan yang diajukan sebagai aspirasi kami (Pemred Radar Bogor Grup) di Jawa Barat dan Nasional,” kata Ricky Noor Rachman.

Aspirasi itu merupakan penjabaran dari kegelisahan para pelaku media massa di Indonesia terhadap sejumlah aturan dan fenomena yang terjadi di negeri ini. Hal tersebut diharapkan bisa menjadi masukan bagi para bacapres yang kelak diputuskan memimpin Indonesia.

Salah satunya, hukum tentang pencemaran nama baik dan fitnah di Indonesia dapat digunakan untuk membungkam jurnalisme yang mengkritik tokoh politik atau bisnis.

“Pemerintah harus memiliki komitmen yang tinggi agar segala bentuk pelaporan, baik pidana maupun perdata yang melibatkan jurnalis dan media pers, harus mengacu kepada UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers,” papar Ricky.

Sementara itu, Anies Baswedan menyambut baik aspirasi dan catatan yang disampaikan Forum Pemred Radar Bogor Grup.

“Poin-poinnya menarik. Kita menemukan (persoalan) bukan saja di media tapi warga yang kesulitan kita tahu persis, melapor untuk negara yang susah. Menceritakan pengalaman buruk di bengkel bisa berujung pada pencemaran nama baik, melaporkan layanan kesehatan juga sama. Terus di mana lagi ruang kebebasan?” cetus Anies.

“Setahu saya saat ini pemerintah dan DPR sedang ada revisi UU ITE, mudah-mudahaan masuk dan ini (aspirasi dan catatan yang disampaikan Forum Pemred Radar Bogor Grup) komitmen kita pegang,” sambung Anies Baswedan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *