BERITA UTAMAInfrastruktur

Anggaran Rp 15 M untuk Alun-alun Laut di Sukabumi

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Pemerintah Provinsi Jawa Barat bakal menggelontorkan anggaran sekira Rp 15 miliar untuk proyek revitalisasi kawasan pesisir Pantai Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi yang konsepnya bernama alun-alun laut. Isu ini sebelumnya telah disampaikan langsung oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, mengungkapkan bahwa tahun 2020 ada 30 titik wisata yang bakal mendapat sentuhan pembangunan. Salah satunya pesisir pantai di Palabuhan Ratu.

“Tahun ini ada lebih dari 30 titik se-Jabar melengkapi yang 2019 yang akan dibangun. Satu dari 30 itu merevitalisasi pantai di Pelabuhan Ratu sesuai aspirasi,” kata Kang Emil kepada wartawan, Rabu (12/2/2020).

Terpisah, Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan bahwa kawasan Gado Bangkong yang akan dipilih gubernur untuk proyek tersebut. Lokasi Gado Bangkong diketahui berada dekat dengan kawasan Dermaga Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dan Pasar Semi Modern Palabuhanratu.

“Alhamdulillah, usulan Pemerintah Kabupaten Sukabumi terhadap penataan kawasan pesisir terutama kawasan Gado Bangkong Palabuhanratu Mendapat Respon Positif bapak gubernur. Mudah mudahan segera terealisasi,” kata Marwan kepada detikcom, Kamis (13/2/2020).

Marwan menyebutkan secara detail, usulan soal penataan kawasan pantai disampaikan langsung oleh pihaknya saat gubernur berkunjung ke Palabuhanratu pada Agustus 2019 silam. Saat itu Marwan mengajak Kang Emil melihat langsung lokasi Gado Bangkong.

“Saat itu saya sampaikan soal penataan kawasan Pantai Gado Bangkong termasuk potensi pengembangan untuk penunjangan pariwisata, saat itu pak gubermur meminta data dan kajian serta konsep penataan kawasan gado bangkong untuk dijadikan destinasi wisata baru,” lanjut Marwan.

Menurut Marwan lokasi Gado Bangkong akan dimanfaatkan untuk pariwisata dan kuliner serta rest area.

“Termasuk ada tempat untuk melihat sunset konsepnya alun-alun bertemakan laut, saat itu kami melihat peluang dan respon positif pak gubernur makanya secepatnya diusulkan perencanaannya untuk didorong pengembangan dan penataan kawasan,” jelas Marwan.

Marwan menegaskan rencana revitalisasi kawasan pesisir itu merupakan kolaborasi Pemprov Jabar dengan Pemkab Sukabumi. “Pemkab menyediakan lahan yang saat ini sudah di bebaskan sementara dari propinsi menyiapkan anggaran pembangunan dan penataannya,” tandas Marwan.

(dtc/izo/rs)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button