68 TKA di Sukabumi ‘Ogah’ Mudik

  • Whatsapp
TKA di Sukabumi
Plt Sekretaris Disnakertrans Kabupaten Sukabumi, Agus Ernawan bersama jajaranya saat meninjau TKA yang bekerja di salah satu perusahaan yang ada di Kabupaten Sukabumi.

Sementara pada tahun sebelumnya, tepatnya sebelum pandemi Covid-19 dalam setahunnya jumlah TKA di Kabupaten Sukabumi bisa mencapai 250 TKA,” kata Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi, Agus Ernawan kepada Radar Sukabumi.

Ke-68 TKA di Kabupaten Sukabumi ini sudah melakukan perpanjangan izin melalui aplikasi TKA online Kemenaker RI. Seluruhnya mereka bekerja di sejumlah perusahaan yang tersebar di Kabupaten Sukabumi. “Mayoritas mereka bekerja di pabrik-pabrik dengan jabatan seperti qualitiy control advisior,” bebernya.

Bacaan Lainnya

Dari 68 TKA itu, paling banyak mereka berasal dari Negara Cina yang mencapai 60 persen. Sisanya, berasal dari Negara Korea dan Taiwan. “Seperti di PT GSI paling banyak dan hampir 50 persen TKA di Kabupaten Sukabumi banyak bekerja di PT GSI Cikembar dan PT GSI Sukalang,” imbuhnya.

Pihaknya menambahkan, Disnakertrans Kabupaten Sukabumi berharap dan menghimbau kepada seluruh perusahaan khususnya yang menggunakan TKA, agar menaati peraturan sesuai dengan aturan yang berlaku sesuai dengan PP 34 tahun 2021 tentang penggunaan tenaga kerja asing. (den/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *