Polbangtan Kementan Genjot Pompanisasi di Cileungsi Dukung Ketahanan Pangan

Pompanisasi Polbangtan Kementan

BOGOR – Kementan berkomitmen untuk terus menjaga pasokan pangan nasional. Program perluasan areal tanam dan pompanisasi semakin masiv dilaksanakan di berbagai wilayah di Indonesia.

Kementan mengambil langkah strategis dalam memitigasi risiko kekeringan yang dapat berdampak pada penurunan produksi padi nasional.

Bacaan Lainnya

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman dalam berbagai kesempatan mengatakan, solusi cepat yang ditawarkan saat ini adalah Perluasan Areal Tanam (PAT). Dia yakin, apabila program tersebut dijalankan, maka Indonesia dapat mewujudkan swasembada dan juga lumbung pangan dunia.

“Ingat saat ini ada banyak negara yang mengalami penurunan produksi dan ada banyak penduduk dunia yang menderita kelaparan. Karena itu harus kita mitigasi dengan solusi cepat,” jelasnya.

Memaksimalkan program perluasan Areal Tanam (PAT) diatas, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Kementan, Idha Widi Arsanti melalui Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan) berperan penting dalam mendukung program PAT Pompanisasi.

“Kami akan menerjunkan siswa dan mahasiswa untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapangan di lokasi PAT, dengan harapan siswa dan mahasiswa bisa membantu percepatan area tanam maupun perluasan areal tanam”, ujar Idha.

Polbangtan Bogor sebagai Penanggung Jawab Kabupaten Bogor telah mengawal distribusi bantuan pompa hingga pemanfaatan di petani saat ini. Guna keberhasilan program tersebut, Polbantan Bogor juga menggandeng berbagai stakeholder, di antaranya Dinas Pertanian setempat dan para penyuluh.

Direktur Polbangtan Bogor, Yoyon Haryanto turun langsung bersama Penyuluh Swadaya (PPS) dan Penyuluh Pertanian Lapang (PPL) memonitoring pemanfaatan pompa di Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Selasa (13/08).

Yoyon Haryanto menjelaskan bahwa kegiatan peninjauan secara langsung ini bertujuan agar mengetahui kondisi riil di lapangan dan tentunya dapat berdiskusi dan saling bertukar pikiran dengan para petani untuk keberhasilan kegiatan perluasan areal tanam melalui pompanisasi ini.

“Kementan telah melakukan berbagai terobosan agar dapat meningkatkan Indeks Pertanaman (IP) dan produktivitas padi. Menyikapi program perluasan areal tanam menggunakan sistem pompanisasi tersebut, Polbangtan Bogor berkomitmen untuk mendorong terealisasinya perluasan areal tanam khususnya di wilayah yang menjadi tanggung jawab kami, dalam mendukung ketahanan pangan nasional”. Kata Yoyon

Kelompok Tani Harapan Jaya merupakan salah satu poktan yang merasakan dampak positif dari bantuan pompa air. Luasan areal yang dimiliki poktan tersebut mencapai 40 ha. Berkat bantuan pompa yang diterima, saat ini luasan lahan tersebut berhasil ditanami seluruhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *