Datangi G20 Temui  Xi Jinping, Joe Biden Mendarat di Bali

Joe Biden (kiri) saat masih menjabat Wapres AS bertemu Presiden China Xi Jinping
Ilustrasi: Joe Biden (kiri) saat masih menjabat Wapres AS bertemu Presiden China Xi Jinping dalam satu kesempatan di Balai Agung Rakyat China di Beijing pada tahun 2011. (ANTARA/China Daily/mii/am)

JAKARTA — Presiden AS Joe Biden mendarat di Bali, Indonesia, Minggu malam (13/11) untuk menghadiri pertemuan puncak kelompok ekonomi utama G20. Ia dijadwalkan juga akan bertemu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping.

Biden tiba di bandara Ngurah Rai disambut oleh para penari Bali. Ini akan menjadi sejarah bagi Indonesia, karena menjadi lokasi pertemuan kali pertama antara Biden dan Xi Jinping sejak Biden dilantik.

Bacaan Lainnya

Laporan Reuters, di balik kehadirannya di KTT iklim COP27 di Mesir dan KTT ASEAN di Kamboja, Biden akan bertemu dengan Xi Jinping dan para pemimpin lainnya, untuk membahas berbagai masalah geopolitik minggu ini. Isu G20 juga sangat sensitif di tengah ketegangan perang Rusia dan Ukraina, ketegangan di Selat Taiwan dan krisis pangan, energi dan iklim yang sedang berlangsung.

Presiden Rusia dan Ukraina Tak Hadir

Sebelumnya Presiden Rusia Vladimir Putin menegaskan tidak hadir di Bali dan diwakili oleh Menteri Luar Negeri Rusia. Begitu pula Presiden Ukraina Zelensky yang tidak hadir dalam G20 karena Ukraina juga bukan anggota G20. Akan tetapi keduanya dikabarkan akan hadir secara virtual.

Bertemu Xi Jinping

Media Tiongkok China Daily, Minggu (13/11), memastikan Presiden Xi Jinping akan menghadiri KTT Kepala Negara dan Pemerintahan G20 ke-17 di Bali, Indonesia dan Pertemuan Pemimpin Ekonomi APEC ke-29 di Bangkok, Thailand. Xi akan mengunjungi Thailand minggu depan, dengan harapan tinggi bahwa Tiongkok akan menggunakan kesempatan multilateral untuk menyerukan kerjasama internasional untuk mendorong pemulihan ekonomi global.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *