SUKABUMI

Sukabumi Dikepung Bencana

RADARSUKABUMI.com, SUKABUMI – Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Sukabumi sejak siang hari, membuat sebagian besar wilayah tergenang banjir. Seperti di Kota Sukabumi, sedikitnya tercatat delapan titik luapan air yang merendam pemukinan, fasilitas pendidikan, peribadahan hingga beberapa ruas jalan.

Informasi yang dihimpun Radar Sukabumi, data sementara dampak hujan lebat mengakibatkan banjir yang cukup besar. Diantaranya, meluapnya sungai Cileles yang merendam dua RT di Kelurahan/Kecamatan Kebonjati. Kemudian, jebolnya tanggul di Jalan Bhayangkara gang Titiran, Kelurahan Sriwedari, Kecamatan Cikole merendam empat ruang kelas SMK Siliwangi, di Jalan Arif Rahman hakim terendam karena sistem drainese disekitar jalan buruk.

Ditambah lagi, ambruknya pagar rumah di Kampung Cikole, RT 1/7 yang menimpa rumah warga, puluhan rumah warga di Kampung Kebon Jengkol RW 10, Kelurahan Nanggeleng, Kecamatan Citamiang juga terendam banjir bandang setinggi 70 centi meter. Luapan air karena tersumbatnya sisem drainase di RT 2/4 Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong, Kampung Kopeng Kaler RT 2/7 juga merendam rumah warga dan banjir yang terjadi dibelakang Taman Bahagia Kota Sukabumi.

Kepala Seksi Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, Zulkarnain mengungkapkan, seluruh tim gabungan dari berbagai lintas instansi sudah dilibatkan untuk melakukan penanganan benjir tersebut.

“Hingga kini kami masih melakukan penanganan dan asessmen bersama seluruh tim gabungan. Hujan deras yang mengguyur Sukabumi mengakibatkan banjir bandang dan luapan sungai sehingga merendam banyak pemukinan, jalan, hingga fasilitas publik lainnya,” jelasnya kepada Radar Sukabumi, kemarin (13/1).

Ia mengaku, dampak banjir yang cukup parah tercatat di tiga titik. Diantaranya, meluapnya sungai Cileles yang merendam dua RT di Kelurahan Kebonjati, Kecamatan Kebonjati, jebolnya tanggul di Jalan Bhayangkara gang Titiran, Kelurahan Sriwedari, Kecamatan Cikole yang merendam sekolah SMK Siliwangi. Juga banjir bandang di Kampung Kebon Jengkol RW 10, Kelurahan Nanggeleng, Kecamatan Citamiang yang juga merendam puluhan rumah.

“Rata-rata ketinggian air mencapai 50 centi meter. Tidak hanya itu, banjir bandang juga membawa material lumpur. Beberapa warga terpaksa diungsikan sementara, hingga rumah sebelumnya dipastikan aman untuk ditinggali kembali,” terangnya.

 

1 2 3Laman berikutnya
Tags
loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close