50 Persen Pencaker Pilih Pabrik

CIKOLE– Lebih dari 50 persen pencari kerja asal Kota Sukabumi lebih memilih dunia industri dibanding sektor lainnya. Persoalan tersebut tentunya memiliki alasan yang cukup kuat, karena untuk masuk dunia industri khususnya pabrik dianggap mudah dibanding yang lainnya.

Selain itu, minimnya lapangan kerja di Kota Sukabumi juga menjadikan alasan pencaker asal Kota Sukabumi untuk lebih memilih dunia industri yang ada di diberbagai daerah. Karena memang, mayoritas kesempatan kerja yang ada di kota ini harus memiliki kemampuan dan keahlian khusus.

Bacaan Lainnya

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Sukabumi, Iyan Damayanti mengungkapkan, walaupun perkembangan dunia usaha, perhotelan yang yang lainnya di Kota Sukabumi, namun kesempatan kerja yang dibutuhkan berbagai sektor jasa itu harus memiliki keahlian khusus.

“Untuk kesempatan kerja yang tidak terlalu mementingkan kemampuan khusus, seluruh sektor usaha di Kota Sukabumi hingga kini tetap memprioritaskan pekerja lokal,” ungkapnya kepada Radar Sukabumi saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin (18/10).

Ibu berkacamata ini juga menyebut, dari 4.563 pencari kerja yang terdata, mayoritas memilih dunia industri dibanding sektor lainnya. Karena memang, pencaker di Kota Sukabumi ini didominasi lulusan SMA dan SMK yang kurang memiliki kemampuan khusus sesuai dengan potensi yang ada.

“Maka dari itu, untuk menjawab kebutuhan tenaga kerja ahlinya kami saat ini fokus untuk melakukan pembinaan, pelatihan sehingga siap pakai, artinya siap ditempatkan diberbagai posisi yang memerlukan kompetensi khusus,” terangnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *