Perangkat Desa ‘Serang’ Bupati

SUKABUMI– Ribuan perangkat desa se-Kabupaten Sukabumi bakal memadati Pendopo Palabuhanratu pada Senin (26/3) mendatang. Mereka untuk menuntut Bupati Sukabumi, Marwan Hamami supaya mengeluarkan kebijakan yang berpihak terhadap kesejahteraan perangkat desa.

Koordinator aksi damai wilayah V, Haer Suhermansyah mengungkapkan, rencana aksi itu dilakukan sebagai bentuk protes perangkat desa yang tergabung dalam Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Sukabumi atas kesejahteraan perangkat desa yang belum maksimal.

Bacaan Lainnya

“Kami hanya ingin meminta kepada pemerintah daerah untuk meningkatkan penghasilan para perangkat desa. Karena saat ini, penghasilan tetap yang didapat perangkat desa cukup jauh dari Upah Minum Kabupaten (UMK),” jelasnya kepada Radar Sukabumi, kemarin (21/3).

Massa aksi yang rencana akan turun nanti, lanjut Kepala Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin ini, dari setiap desa akan memberangkatkan 12 orang perangkat. Jadi jika 381 desa turut serta, maka ada 4.572 massa yang bakal mengepung Pendopo Sukabumi.

“Kami harap seluruh perangkat desa berangkat untuk menyuarakan aspirasi ini,” imbuhnya,

Haer mengaku, kenaikan penghasilan tetap (Siltap) perangkat desa terakhir kali terjadi pada tahun 2012 lalu. Dari nilai Rp1,1 juta, naik menjadi Rp1,5 juta. Padahal kata Haer, penghasilan tetap menjadi satu-satunya sumber pemasukan bagi perangkat desa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *