Tips Sehat di Bulan Ramadan Ala dr Lulis

Menjaga kesehatan di bulan ramadan menjadi hal yang harus diperhatikan. Apalagi ada banyak perubahan pola hidup selama bulan puasa. Mulai dari pola tidur, pola makan, dan aktivitas sehari-hari selama Ramadan. Agar menjaga kebugaran tubuh selama bulan puasa, berikut ini tips sehat di bulan ramadan ala Dokter Umum di Kota Sukabumi, dr Lulis Delawati.

Pertama, minum air putih upayakan sebanyak 2 sampai 2,5 liter per hari. Salah satu tantangan yang dihadapi saat berpuasa adalah potensi dehidrasi. Maka itu, kebutuhan hidrasi tubuh perlu tetap dipenuhi dengan baik, dengan cara cukup minum air saat sahur dan berbuka dan malam hari setelah solat taraweh.

Bacaan Lainnya

Kedua, Makan makanan yang berserat cukup. Makan itu seperti buah-buahan, sayur-sayuran serta makanan yang mengandung protein.

” Ketiga, tidak kalap saat buka puasa. Dimana makan saat buka puasa secukupnya agar perut tidak kaget,” ujar dr Lulis.

Lalu, keempat melakukan olahraga ringan, tetap berolahraga adalah salah satu tips puasa sehat yang sebaiknya tidak dilewatkan. ” Olahraga boleh, tapi hindari olahraga yang berjenis endurance (daya tahan fisik) dan yang berkenaan dengan kecepatan, karena bisa menguras energi,” katanya.

Kelima, hindari makanan yang berminyak secara berlebihan karena makanan seperti ini seperti gorengan kurang baik bila di konsumsi secara berlebihan. Bisa meningkatkan kadar kolesterol, LDL dan trigliserida.

Terakhir melakukan tidur yang cukup. Dimana buatlah tidur malam berkualitas karena pola tidur orang yang berpuasa berubah bangun tidur lebih awal untuk sahur. (bal)

Pos terkait