Ramadan Bulan Bonus Pahala Kebaikan

BAZNAS Kabupaten Sukabumi
H. Unang Sudarma SH., M.Si Ketua BAZNAS Kabupaten Sukabumi

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Puji syukur kita persembahkan ke hadirat Allah Swt yang telah mencurahkan berbagai nikmat-Nya kepada seluruh alam. Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Besar Muhammad Saw beserta keluarga, shahabat, dan para pengikutnya hingga akhir zaman.

Bacaan Lainnya

Sebagaimana kita maklumi bahwa bulan Ramadan adalah bulan diwajibkannya umat Islam menjalankan ibadah puasa yang merupakan salah satu dari rukun Islam yang lima. Terdapat berbagai keuntungan berlipatganda yang Allah tawarkan kepada kita di bulan Ramadan, seperti yang dinyatakan dalam sebuah hadits:

“Barang siapa mengerjakan amalan sunat di bulan Ramadan adalah seperti orang menunaikan ibadah fardhu di bulan lainnya. Dan barang siapa menunaikan ibadah fardhu di bulan Ramadan seperti menunaikan 70 ibadah fardhu di bulan lainnya”.

Keunggulan dan keberkahan bulan Ramadan juga menyebar ke berbagai sisi kehidupan manusia. Di berbagai tempat terdapat pengumuman atau iklan yang menawarkan berbagai kemudahan, seperti dari kebutuhan sandang dan pangan sampai kepada kebutuhan lainnya. Mulai dari yang harus dibeli sampai kepada yang gratis cukup tersedia di bulan Ramadan.

Terlebih mendekati akhir Ramadan biasanya orang-orang sudah mulai menyerbu pasar-pasar dan toko swalayan terutama yang menawarkan bonus untuk mencari/membeli kebutuhan hari raya Idul Fitri. Mereka rela berdesak-desakan dan berkeringat hanya untuk mendapat sesuatu buat digunakan di hari raya.

Kondisi ini sangat ironis jika dibandingkan dengan situasi di masjid-masjid atau mushola, dimana pada awal Ramadan biasanya penuh namun pada bagian akhir Ramadan menjadi makin menyusut. Padahal di akhir Ramadan itu Allahpun menjanjikan berbagai bonus pahala yang tak terhingga nilainya, seperti pahala itikaf, pahala lailaul qodar, pahala zakat, infak, sedekah dan lainnya.

Sebagai umat islam tentunya kita harus mencermati segala sesuatu yang ada di hadapan kita dengan penuh kearifan agar Ramadan yang penuh berkah itu tidak berlalu begitu saja. Untuk itu, mari kita manfaatkan kesempatan dan peluang tersebut dengan mengisinya oleh berbagai kegiatan amal saleh, baik yang wajib maupun yang sunat sesuai kemampuan masing-masing.

Dan satu hal yang tidak boleh dilupakan yaitu, bahwa puasa Ramadan itu pahalanya akan mengambang di antara langit dan bumi, sehingga dibayarkan/ditunaikan zakatnya, maka untuk kesempurnaan ibadah puasa kita bayarkan zakat, infak, dan sedekahnya melalui UPZ Baznas terdekat.

Semoga Allah Swt memberikan kekuatan, kesehatan, rezeki dan keimanan serta umur yang bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *