Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

Iyan Mahfudin Pengurus Ponpes Sunanul Huda, Cikaroya, Cisaat
Iyan Mahfudin Pengurus Ponpes Sunanul Huda, Cikaroya, Cisaat

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Bismillah Alhamdulillah Wassholatu Wassalamu Alla Rasulillah Sayyidina Muhammadin Bin Abdillah Wa’ala Alihi Wasohbihi Waman Walah.

Bacaan Lainnya

Pakod daro tallohu taala Pikitabihim Karim, Walla sohbihi koimin A’udzubillahi minasyaitonirojim Bismillahirahmanirahim

Yaa ayyuhalladziina aamanuu kutiba ‘alaikumush-shiyaamu kamaa kutiba ‘alalladziina ming qablikum la’allakum tattaqụn, shodakollohuladzim yang artinya wahai orang-orang yang beriman. Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

Dalam kesempatan ini, dalam bulan yang penuh dengan berkah ini yang akan menceritakan sedikit kisah apa yang termasuk dalam keutamaan bulan ramadan. Di dalam hadist diterangkan bahwasannya Allah SWT di setiap malam berbicara tiga kalimat.

Yang petama adakah orang yang bertobat, maka Allah akan mengampuninya, adalah orang yang meminta maka Allah SWT akan mengabulkannya dan adakah orang yang selalu bertobat ingin mendekatkan diri yang agung, maka akan mendekatinya.

Mungin keagungan dan keberkahan ramadan tidak bisa saya singkatkan karena begitu sangat luasnya. Namun yang paling utama dalam bulan ramadan adalah kejadian malam lailatul qadar. Pada malam Lailatul Qadar ini, memiliki sejumlah keistimewaan.

Keutamaan atau keistimewaan malam Lailatul Qadar berdasarkan surat Al Qadr.

Pertama di malam Lailatul Qadar, malam yang penuh kemuliaan inilah Al Quran. Beribadah di malam Lailatul Qadar, pahalanya sama dengan seribu bulan.

Kedua, banyak pahala yang didapat kalau kita mendapatkan malam Lailatul Qadar. Ustaz Adi Hidayat mencontohkan jika seorang muslim sholat, maka sholatnya senilai 83 tahun.

Jika membaca Al Quran, meski satu huruf misalnya Nun, lalu dia tertidur karena mengantuk, orang itu berarti membaca nun 83 tahun tanpa henti.

Ketiga, diampuni dosa yang sudah lampau. Saat orang tobat pada malam Lailatul Qadar digugurkan oleh Allah dosa-dosanya, sehingga dosanya menjadi nol. Mungkin sekian yang saya dapat sampaikan kurang lebihnya minta maaf.

Wabillahit taufiq wal hidayah, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pos terkait