Solusi Memajukan Olahraga Berbasis Atlet Terbaik

Drs. H. Deden Achadiyat

Salah satu filsafat yang paling penting dalam pembinaan olahraga berbunyi: seorang juara bukan ditemukan tetapi diciptakan yang berlandaskan pada best on athlete. Berdasarkan filsafat ini, atlet yang hebat dan berpretasi akan lahir dari proses panjang pembinaan yang unsur-unsurnya antara lain perencanaan, penganggaran, manajemen, pelatihan, pertandingan, dan evaluasi sistem keolahragaan. Pada akhirnya atlet-atlet terbaik dapat membangun semangat, persatuan, dan kehormatan yang mengangkat harkat dan martabat bangsa.

Sesuai dengan visi mewujudkan Kabupaten Sukabumi yang religius dan mandiri perlu juga ditetapkan target besar di bidang olahraga. Hal ini sejalan dengan keinginan masyarakat dan pemda untuk menjadikan Kabupaten Sukabumi sebagai peraih prestasi olahraga yang terkemuka di tingkat provinsi dan nasional.

Bacaan Lainnya

Bagaimanapun olahraga prestasi dan prestasi olahraga merupakan salah satu indikator dalam penilaian kemajuan suatu daerah. Selain itu prestasi olahraga dapat mengangkat harkat dan martabat suatu daerah dalam konstelasi pembangunan secara regional dan nasional.

Untuk mencapai dan mewujudkan kemajuan dan prestasi olahraga tersebut sangat diperlukan sinergitas antara pemerintah daerah, pengurus KONI, dan seluruh masyarakat. Memajukan olahraga merupakan tanggung jawab bersama dengan KONI sebagai tulang punggung yang memiliki tugas pokok merencanakan, mengkoordinasikan, dan melaksanakan pembinaan dan peningkatan prestasi atlet, kinerja wasit, pelatih dan manajer.

Sinergitas dan koordinasi tiga unsur tersebut juga sangat dibutuhkan guna mewujudkan prestasi keolahragaan nasional menuju prestasi internasional, serta turut memperkokoh persatuan dan kesatuan dan ketahanan nasional dalam rangka mengangkat harkat serta martabat Indonesia. Sampai saat ini prestasi Kabupaten Sukabumi di bidang olahraga belum mencapai prestasi yang optimal, baik di tingkat provinsi maupun nasional.

Di samping itu diperlukan visi, misi, dan program strategis yang dapat menempatkan Kabupaten Sukabumi sebagai kabupaten yang berkontribusi besar dalam prestasi olahraga provinsi dan nasional. Berdasarkan analisis SWOT terhadap kondisi nyata cabor-cabor di Kabupaten Sukabumi, disarankan langkah-langkah yang harus diambil para pemangku kepentingan untuk mewujudkan prestasi olahraga Kabupaten Sukabumi di tingkat provinsi maupun nasional.

Langkah-langkah tersebut antara lain membangun sinergitas, independensi, dan profesionalisme kepengurusan KONI Kabupaten Sukabumi; mengembangkan sistem pembinaan cabang olahraga yang tertib, teratur, dan berkelanjutan; menggali dan mengembangkan sumber-sumber pendanaan yang potensial, mendorong, dan memajukan aktivitas dan prestasi olahraga; serta membangun karakter olahragawan, baik atlet, pelatih, dan manajer guna memotivasi dan meningkatkan semangat juang, rasa nasionalisme dan militansi dalam setiap usaha meraih prestasi terbaik.

Selanjutnya langkah-langkah atau misi itu dijabarkan ke dalam bentuk yang lebih operasional yaitu program-program strategis. Setidaknya terdapat 12 program strategis yang dapat menjabarkan misi di atas yang terdiri dari peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasional; pengembangan sistem pembinaan cabang olahraga berbasis atlet potensial; penyelenggaraan pelatihan berbasis kompetensi wasit dan pelatih; peningkatan kemampuan teknis dan manajerial pengurus KONI Kabupaten Sukabumi; peningkatan kualitas kejurkab/turnamen olahraga tingkat Kabupaten Sukabumi; pemberdayaan organisasional cabang olahraga; membangun jejaring kerja sama internal dan eksternal; peningkatan kesiapan sarana dan prasarana olahraga; peningkatan frekuensi dan kualitas pelatihan cabor; pemberian penghargaan bagi atlet yang berprestasi; pelaksanaan slogan memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat; dan penyusunan program strategis KONI Kabupaten Sukabumi.

Dalam beberapa hari ke depan, cabor-cabor akan menggelar musyawarah olahraga Kabupaten Sukabumi yang salah satu agendanya memilih Ketua Umum KONI Kabupaten Sukabumi 2019-2022. Mengacu pada paparan di atas dalam rangka mencapai prestasi olahraga di tingkat provinsi dan nasional, kepengurusan KONI Kabupaten Sukabumi periode 2019-2022 hendaknya melaksanakan tahapan-tahapan visi, misi, dan program strategis pertahun yaitu tahap I tahun 2019 konsolidasi, peningkatan, dan pengembangan; tahap II tahun 2020 pembinaan; tahap III tahun 2021 pemantapan; dan tahap IV tahun 2022 meraih medali pada Porprov XIV. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *