Pentingnya Aspek Manajemen Keuangan Dalam Berwirausaha

  • Whatsapp

Oleh: Susan Melia
Mahasiswa Nusaputra

Di zaman milenial ini banyak sekali anak muda yang lebih tertarik pada dunia wirausaha dibanding mencari pekerjaan, di samping sedikitnya lapangan pekerjaan bagi mereka yang lebih memilih berwirausaha tertarik dengan pendapatan juga sebagai investasi masa depan.

Bacaan Lainnya

Selain itu, juga dapat membuka lapangan pekerjaan baru dan tentu dalam menjalankannya tidak semudah yang dibayangkan. Banyak aspek yang harus dipahami salah satunya mengenai aspek Manajemen Keuangan. Aspek ini sangatlah penting untuk keberlangsungan usaha yang sedang atau akan kita jalankan.

Adapun pendapat yang disampaikan oleh Weston dan Copeland mengenai pengertian manajemen keuangan, “manajemen keuangan adalah aktivitas pemilik dan manajemen perusahaan untuk memperoleh sumber modal yang semurah – murahnya dan menggunakannya seefektif, seefesien, seproduktif, mungkin untuk menghasilkan laba”.

“Manajemen Keuangan dapat didefinisikan dari tugas dan tanggung jawabnya berlainan disetiap perusahaan, tugas pokok manajemen keuangan anatara lain meliputi; keputusan tentang investasi, pembiayaan kegiatan usaha dan pembagian dividen suatu perusahaan”. Adapun fungsi dari manajemen keuangan yaitu planning, budgeting, controlling, auditing, dan reporting.

Manajemen Keuangan pun membantu para pelaku usaha untuk mengetahui hal – hal penting bagi perusahaan, seperti; Perhitungan aset, arus kas yang baik, untuk menstabilkan harga produk, perencanaan pajak yang baik, dan menjamin kesejahteraan karyawan. Dari situlah kita bisa memahami dan mengatur usaha serta maju mundurnya perusahaan dan apa saja yang harus dilakukan dan dihindari selama menjalankannya.

Manajemen Keuangan dilaksanakan oleh sang manajer perusahaan, maka dari itu berjalan dengan baik atau tidaknya perusahaan berada di pundak sang manajer. Oleh karena itu, penguasaan aspek manajemen keuangan sangatlah penting untuk diperhatikan. Bukan tidak mungkin perusahaan tidak mampu bersaing bahkan bisa saja gulung tikar jika tidak dilaksanakan dengan baik.

Contohnya di daerah sukabumi pun banyak sekali usaha baru yang bermunculan di bidang kuliner, yang hanya bertahan dalam jangka waktu yang tidak lama dan kalah bersaing dengan pelaku usaha yang sudah lama di bidang tersebut.

Karena selain mengedepankan tempat yang asik untuk bersantai, beristirahat, atau menikmati hidangan, dari sisi estetik pun menjadi salah satu nilai plus dari konsumen yang tentunya sangat penting bagi perusahaan.

Maka dari itu, melalui manajemen keuangan kita bisa mengetahui kemampuan perusahaan dalam berpromosi yang nantinya bukan tidak mungkin meskipun keberadaan kita terbilang baru dan banyak pesaing di bidang yang sama itu tidak menutup kemungkinan kita untuk mampu bersaing bahkan lebih baik dari yang sudah ada.

Adapun fungsi dari manajemen keuangan;

Yang pertama, Planning atau Perencanaan Keuangan, untuk mengetahui arus dan laba serta rugi yang didapat oleh perusahaan sehingga dapat memberikan informasi mengenai kondisi perusahaan.

Kedua, Budgeting atau Anggaran Perencanaan, penerimaan dan pengalokasiaan semaksimal mungkin dan tepat sasaran untuk menghindari dana yang seharusnya tidak perlu di keluarkan ataupun dapat digunakan sebagai cara penekanan anggaran semaksimal mungkin.

Ketiga, Controlling atau Pengendalian, bertujuan untuk mengevaluasi dan perbaikan jika di rasa terdapat kekurangan atas keuangan dan sistem keuangan perusahaan dalam proses menjalankannya.

Keempat, Auditing atau Pemeriksaan Keuangan, harus betul – betul dilakukan dengan baik dan diawasi guna menjaga asset dan menghindari penyimpangan yang bisa saja terjadi. Hal ini sangat penting bagi keberlangsungan perusahaan yang baru saja kita rintis.

Terakhir Reporting atau Pelaporan Keuangan, merupakan informasi penting bagi perusahaan mengenai kondisi keuangan perusahaan serta menjadi bahan analisa rasio laporan keuangan.

Dari situlah keberhasilan usaha bisa dilihat jika manajemen bisa dilakukan dengan baik dan tepat kita mampu mengembangkan usaha bahkan hingga memiliki berbagai cabang nantinya.

Jika hal penting dan fungsi dari manajemen keuangan terlaksana dengan baik maka terwujud lah tujuan utama dari manajemen keuangan itu sendiri yaitu pemaksimalan nilai yang dimiliki perusahaan dan memberikan nilai tambah terhadap asset yang dimiliki oleh pemegang saham.

Inilah pentingnya manajemen keuangan yang sangat berpengaruh terhadap beberapa aspek penting dalam menjalankan usaha dan sebagai pedoman dalam pelaksanaannya agar apa yang kita rencanakan bisa tercapai dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *