Ciletuh Palabuhanratu Kota yang Ditinggalkan (1)

Peta Ciletuh Palabuhanratu
Peta Ciletuh Palabuhanratu Milik Kerajaan Belanda atau Pemerintah Batavia. (foto : poestahadepok)

Pada tahun 1846 sejumlah pemerintahan di Residentie Preanger ditingkatkan, Controleur Bandung statusnya ditingkatkan menjadi Asisten Residen dan di Daerah Gung parang. Digung parang ini ditempatkan seorang Controleur atau mandor sekarang Bupati yang berkedudukan di kampung Cikole (Cikal Bakal Sukabumi).

Bacaan Lainnya

Sejak itu nama Regentschap Cianjur diubah menjadi Regentschap Cianjur en Sukabumi. Controleur di Sukabumi ini membawahi wilayah-wilayah yang kini menjadi wilayah kabupaten/kota Sukabumi,

Ada Wilayah Gunung Parang, Wilayah Cimahi, Wilayah Ciheulang, Wilayah Cijeruk, Wilayah Palabuhan, Wilayah Jampang Wetan dan Wilayah Jampang Kulon. Kemajuan yang pesat di Onderafdeeling Sukabumi, pemerintah pusat meningkatkan Sukabumi sebagai afdeeling dan pada tahun 1871 meningkatkan status Controleur menjadi Asisten Residen Sukabumi.

Untuk lebih mengoptimalkan pemerintahan di wilayah Soekaboemi selatan, pemerintah Batavia juga menempatkan seorang Controleur di Jampang Wetan yang berkedudukan di Nyalindung. Jalan-jalan akses dari Sukabumi ke dua wilayah di selatan dibuka.

Bagaimana selanjutnya, kita akan ulas di tulisan berikutnya. Mengingat waktu, sudah tidak memungkinkan. Karena ini Hari Jumat. Tunggu tulisan selanjutnya sambil menentukan dan mengolah cerita.(*)

Pos terkait