TPS Bertambah, KPU Bingung Soal Anggaran Membengkak

  • Whatsapp
PENCOBLOSAN : Sejumlah warga disalah satu daerah saat melakukan pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) beberapa waktu lalu.

SUKABUMI — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi memastikan tentang kemungkinan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari sebelumnya bertambah 860 TPS akan terjadi penambahan kembali. Itu artinya dari jumlah 4.118 TPS kemudian menjadi 4978 TPS kemungkinan akan kembali bertambah. Hal tersebut dikatakan oleh Komisioner KPU Kabupaten Sukabumi Divisi Teknis, Budi Ardiansyah saat dihubungi Radarsukabumi Senin (29/06).

“Ya bertambah sekitar 860 (TPS red), tapi itu belum final kemungkinan ada penambahan kembali setelah nanti dilakukan pemetaan lebih lanjut, “jelas Budi

Bacaan Lainnya

Dengan adanya penambahan TPS sesuai dengan PKPU Tahun 2020 KPU yang mengharuskan melaksanakan protokol kesehatan pada pelaksanaan pencoblosan, tidak memungkiri bahwa anggaran akan membengkak. Untuk sementara, rencana awal KPU akan menggunakan anggaran yang ada dengan akan memotong atau menghilangkan beberapa kegiatan yang dianggap tidak begitu penting dilaksanakan atau dalam bahasa lain refocusing.

“Ya kami, kalau untuk sementara kekurangan anggaran akibat penambahan TPS ini kita gunakan sebisa mungkin dari hibah APBD dulu dengan merefocusing kegiatan, nah kalaupun ada penambahan dari APBN itu setau kami untuk anggaran perlengkapan APD dan rapid test bukan untuk penambahan TPS, “terangnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, pembengkakan jumlah TPS ini dikarenakan aturan sesuai Surat Edaran (SE) No 421 TPS yang awalnya 800 orang menjadi 500 orang per TPS, sementara teknis soal pencoblosan apakah nantinya diatur pembagian waktu pencoblosan hingga berkaitan dengan lain-lain, pihaknya masih menunggu aturan dari KPU RI tentang teknisnya seperti apa.

“Pembagian waktu pencoblosan kita masih lakukan koordinasi dengan KPU RI, kami sedang menunggu desain seperti apa teknisnya, “tukasnya. (hnd)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *