Tunanetra Dilatih Mencoblos

Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kota Sukabumi saat melakukan simulasi tatacara pencoblosan di Sekretariat Pertuni Kota Sukabumi di Kecamatan Baros.

POLITIK SUKABUMI – Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kota Sukabumi mensimulasikan tatacara pencoblosan kepada pemilih disabilitas seperti tunanetra di Sekretariat Pertuni Kota Sukabumi di Kecamatan Baros, kemarin.

Dalam sosialisasi tersebut penyandang tunanetra itu mencoba secara langsung mencoblos dengan menggunakan template Braille. ” Langsung kita simulasikan, dengan tempate Braille specimen. Biar mereka nanti bisa mengetahuinya sebelum hari pencoblosan,” ujar Anggota KPU Kota Sukabumi, Ratna Istianah, kemarin.

Bacaan Lainnya

Diakui Ratna respon para kaum disabilitas itu sangat antusias sekali. Apalagi mereka merupakan bagian yang sangat kecil diantara pemilih lainnya. ” Ya mereka merasa haknya dilindungi dengan adanya sosialisasi ini,” katanya.

Selain tata cara pencoblosan, Ratna mengaku KPU pun memberikan pembekalan politik. Seperti memberikan informasi mengenai jumlah memilih pada 17 April mendatang. ” Kita juga mengingatkan mereka bahwa hak pilih mereka itu harus dipergunakan karena sangat menentukan nasib bangsa untuk 5 tahun kedepan,” jelasnya.

Para tunanetra itu diberikan template Braille hanya untuk surat suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden saja. Sedangkan untuk Anggota DPD, DPR RI, DPRD Jabar dan DPRD Kota Sukabumi itu nanti akan didampingi oleh petugas KPPS. ” Ya hanya Pilpres saja, untuk suara suara lainnya bisa dibantu oleh orang yang dipercayanya ataupun petugas KPPS setempat,” pungkasnya. (bal)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.