Pendaftaran Bacalon Wali Kota Sukabumi Perseorangan Nihil

KPU Kota Sukabumi
Ketua KPU Kota Sukabumi beserta jajarannya foto bersama saat terakhir ditutup pendaftaran 12 Mei 2024.

SUKABUMI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi menyatakan sejak dibuka pendaftaran bakal calon (Bacalon) Walikota dan Wakil Walikota perseorangan 5 hingga 12 Mei 2024 pukul 23.59 WIB tidak ada yang menyerahkan berkas dukungan atau daftar.

“Hingga batas waktu yang telah ditentukan, yaitu tanggal 12 Mei 2024 pukul 23.59 WIB, tidak ada penyerahan berkas dukungan dari calon perseorangan yang akan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Walikota – Wakil Walikota Sukabumi tahun 2024,” ujar Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kota Sukabumi, Dikrillah kepada radar sukabumi, Senin (13/05).

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan, seperti yang di atur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku, dalam Pasal 13 PKPU Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

“Disebutkan pasangan calon perseorangan wajib menyerahkan dokumen dukungan untuk memenuhi persyaratan pencalonan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 dan Pasal 10. Maka penyerahan berkas dukungan adalah syarat mutlak bagi calon perseorangan yang ingin mencalonkan diri pada Pilkada 2024,” paparnya.

Dikrillah menegaskan, KPU Kota Sukabumi telah memberikan informasi dan bantuan teknis kepada calon perseorangan dalam proses penyusunan dan penyerahan berkas dukungan, namun hingga batas waktu yang telah ditentukan, tidak ada satu pun calon perseorangan yang memenuhi syarat.

“Meskipun sebelum batas waktu terakhir penyerahan berkas dukungan pada tanggal 12 Mei 2024 pukul 23.59 WIB sudah ada yang mengajukan Permohonan Pembukaan Akses Silon sebanyak 1 (satu) orang, tetapi tidak ada yang menyerahkan berkas itu,” jelasnya.

KPU Kota Sukabumi mengimbau kepada semua pihak yang memiliki keinginan untuk mencalonkan diri dalam Pilkada Walikota-Wakil Walikota Sukabumi 2024 untuk memperhatikan ketentuan perundang-undangan yang berlaku serta memenuhi semua persyaratan yang telah ditetapkan.

“Kami akan terus memberikan informasi dan bantuan teknis kepada calon perseorangan yang berminat untuk mencalonkan diri pada proses Pilkada selanjutnya. Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi Helpdesk KPU Kota Sukabumi, No Kontak 085860856055,” tandasnya. (ris)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *