KPU Prediksi Pemilih Pemula Di Angka 30 Persen

SUKABUMI— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi berencana memberikan pemahaman kepemiluan kepada pemilih pemula menjelang Pilkada serantak 2018 mendatang. Sosialisasi kepada pemilih pemula sangat penting agar pemahaman pemilih pemula itu tak setengah-setengah. Mereka akan terus didorong agar membangun diri dan berdaya guna sebagai pemilih cerdas.

“Mereka nantinya paham menjadi pemilih cerdas, tak hanya datang ke TPS saat hari H pemungutan suara, tapi mereka harus paham apa itu demokrasi dan hak pilih,” ujar Komisioner KPU Kota Sukabumi Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Sri Utami, seusai acara tatap muka dengan pemilih pemula, Kamis (30/11).

Bacaan Lainnya

Pemilih pemula memang cukup potensial di Pilkada Serentak nanti. Diprediksikan pemilih pemula mencapai sekitar 30 persen dari jumlah pemilih yang terdata dalam daftar pemilih tetap (DPT). “Memang kami belum mendata lagi jumlah pemilih pemula, tapi taksiran di kisaran 30 persen. Pemilih pemula itu merupakan kalangan pelajar dan mahasiswa,” jelasnya.

Dikatakan Sri, Pemilih pemula itu sangat potensial tentunya mereka harus diberikan pemahaman kepemiluan yag menyeluruh. Sehingga nantinya akan berjalan linear dengan target tingkat partisipasi pemilih di Kota Sukabumi. ” Pada pilkada serentak ini kami targetkan sebanyak 80 persen, makanya kita gencar sosialisasi,” pungkasnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, kondisi itu pada akhirnya akan mewujudkan suksesnya penyelengaraan pemilu. Pasalnya, jika pemilih pemula sudah paham berdemokrasi, maka mereka bisa menjadi agen sosialisasi bagi keluarga, rekan sejawat, maupun masyarakat umum lainnya. ” Mereka bisa menjadi kepanjangan tangan KPU karena mampu menyosialisasikan lagi yang menjadi hak bagi pemilih,” jelasnya.

Memang diakui Sri ini bukan perkara mudah untuk mewujudkannya. Apalagi di tengah berbagai fenomena sosial dan politik yang terus berkembang. “Mereka jangan sampai jadi kontraproduktif, apatis, apalagi memilih golput,”pungkasnya. (bal)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan