4 Bersaudara Tarung di Pilkada 2018, Sama-sama Kalah

  • Whatsapp

MAKASSAR – Faktor keluarga tak menjadi penghalang bagi para politisi untuk maju di pilkada 2018. Demi ambisi partai, mereka bertarung habis-habisan melawan saudara sendiri.

Empat bersaudara yang tarung di pilkada 2018 yakni Abdul Ghani Kasuba dan adiknya Muhammad Kasuba. Keduanya maju dan bertarung di Pilgub Maluku Utara 2018.

Bacaan Lainnya

Dua lainnya yakni Andi Aziz Qahhar Mudzakkar dan adiknya Andi Mudzakkar. Kakak beradik ini maju dan bertarung di Pilgub Sulsel 2018. Namun dua putra Qahhar Mudzakkar, mantan pengawal kesayangan Presiden Soekarno itu sama-sama kalah.

Abdul Gani Kasuba maju di Pilgub Maluku Utara atas dorongan PKPI dan PDIP. Abdul Gani yang berpasangan dengan Al Yasin Ali mendapatkan nomor urut 3.

Sementara adiknya, Muhammad Kasuba diusung Partai Gerindra, PAN, dan PKS. Muhammad Kasuba yang berpasangan dengan Madjid Husen mendapatkan nomor urut 4.

Selain Abdul Gani Kasuba dan Muhammad Kasuba, dua pasangan calon lainnya yang maju di Pilgub Maluku Utara yakni, paslon nomor urut 1, Ahmad Hidayat Mus–Rivai Umar. Pasangan ini diusung PPP dan Golkar. Kemudian paslon nomor 2, Burhan Abdurahman–Ishak Jamaluddin diusung oleh Nasdem, PKB, Demokrat, PKPI, PBB, dan Hanura.

Hasil quick count atau hitung cepat beberapa lembaga survei menempatkan pasangan Pasangan Abdul Ghani Kasuba-Yasin Ali sebagai pemenang. Pasangan ini dengan perolehan suara 38,56 persen. Di urutan kedua pasangan Burhan Abdurrahman-Ishak Jamaluddin 30,86 persen. Kemudian pasangan Ahmad Hidayat Mus-Rivai Umar 23,86 persen. Dan pasangan Muhammad Kasuba-Madjid Hussein 6,72 persen.

Sementara di Pilgub Sulsel, dua kakak beradik, Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar dan Andi Mudzakkar sama-sama maju sebagai calon wakil Gubernur Sulsel.

Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar mendampingi calon gubernur Nurdin Halid. Pasangan ini diusung oleh Partai Golkar, Nasdem, Hanura, PKB dan PKPI.

Sementara Andi Mudzakkar mendampingi calon gubernur Ichsan Yasin Limpo. Kedua mantan petinggi Golkar di Sulsel ini maju di Pilgub melalui jalur perseorangan. Keduanya mendapat nomor urut 4.

Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar dan adiknya Andi Mudzakkar sama-sama kalah di Pilgub Sulsel. Tak hanya itu, Andi Mudzakkar juga dipecat dari Golkar gara-gara keputusannya maju di Pilgub Sulsel. Sebab, Golkar sendiri telah mengusung pasangan Nurdin Halid-Qahhar Mudzakkar.

Berdasarkan hasil quick count sejumlah lembaga survei, Pilgub Sulsel dimenangkan pasangan nomor urut 3, Nurdin Abdullah-Sudirman Sulaiman. Pasangan ini unggul dengan perolehan suara 42 persen.

Urutan kedua ditempati Nurdin Halid – Qahhar Mudzakkar 27,6 persen. Kemudian pasangan Ichsan Yasin Limpo – Andi Mudzakkar 21,3 persen dan Agus Arifin Numan – Tanribali Lamo 9,1 persen.
(one/pojoksatu)

Pos terkait

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *