UNIVERSITAS NUSA PUTRA

Universitas Nusa Putra Gelar Safety Riding

FEMALE Enginering Universitas Nusa Putra (UNP) Sukabumi selaku wadah kemahasiswaan bekerjasama dengan Polres Sukabumi Kota menyelenggarakan Gathering Safety Riding. Pemahaman pentingnya keselamatan berkendara khususnya roda dua, menjadi musabab acara tersebut digelar belum lama ini.

“Mahasiswa menjadi ujung tombak kampanye keselamatan berkendara kepada khalayak secara luas. Kami berharap mereka terus menjadi pelopor berkendara di jalan raya,” tegas Aiptu Asep Rochmat selaku pemateri acara tersebut.

Acara yang rutin digelar dan kali ketiga dilaksanakan itu, lanjut Asep adalah program sinergitas kepolisian Polres Sukabumi Kota bersama civitas akademik. Materi gathering berisi tata cara mengendarai sepeda motor yang baik dan benar, pengenalan rambu lalu lintas serta pentingnya sosialisasi kelengkapan berkendara.

Sejumlah anggota Satlantas Polres Sukabumi Kota malah mempraktikan kelihaian dan ketepatan mengendarai sepeda motor yang aman di depan mahasiswa.

“Kami tidak ingin angka kecelakaan lalu lintas didominasi anak-anak muda. Makanya mereka kami upayakan agar terus diberi pemahaman. Soal bagaimana rawannya balap liar, ketepatan penggunaan helm dan teknik berkendara motor dengan baik,” ulas pria yang juga Baur SIM Polres Sukabumi Kota itu.

Sementara, Rektor UNP Kurniawan mengatakan, mahasiswa dan pelajar adalah salah satu motor pelopor keselamatan berlalu-lintas di tengah masyarakat. Oleh karenanya, selaku akademisi, lembaganya merasa perlu untuk menggenjot dan bertanggungjawab memberi pemahaman safety riding.

“Kalau perilaku berkendaranya sudah tertib. Maka negara pun tertib. Sebab nilai seseorang itu tergambar manakala dia patuh pada hukum. Di sini, saya tegaskan bahwa mahasiswa sangat berpengaruh dan berkontribusi besar dalam kampanye keselamatan berkendara,” terangnya.

Ia juga menyoroti tingginya angka laka lantas yang didominasi mahasiswa, pelajar atau pemuda. Menurutnya, memang kecelakaan tidak memandang usia dan jauh dekatnya jarak yang ditempuh. Namun, ia tak ingin, kaum muda selalu menjadi korban dominan kecelakaan karena kelalaian mereka sendiri.

“Tentu sangat prihatin jika mereka terlibat kecelakaan karena kurang sadarnya pemahaman safety riding. Saya tidak ingin itu selalu terjadi terlebih kepada mahasiswa,” imbuhnya.

Sementara itu, gathering terasa semakin hidup. Selain penampilan demonstrasi berkendara dengan baik, pihak kepolisian dan kalangan akademisi UNP menggelar sesi dialog dengan para mahasiswa.

Ada games menarik yang juga disediakan bagi audiens. Ini dilakukan untuk mengukur sejauh mana pemahaman terhadap materi yang sudah diberikan dan disampaikan. (veg/adv)

 

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button