Prodi SI Universitas Nusa Putra Sukabumi Wujudkan Kolaborasi Penta Helix dengan Sismatik

UNP
ILUSTRASI

SUKABUMI – Program Studi (Prodi) Sistem Informasi Universitas Nusa Putra (UNP) Sukabumi kembali menggelar Seminar Nasional Sistem Informasi dan Manajemen Informatika (Sismatik) 2022.

Sismatik 2022 merupakan seminar nasional ke-2 yang diselenggarakan oleh Progam Studi (Prodi) Sistem Informasi UNP sebagai wadah kolaborasi antara peneliti, insan perguruan tinggi, pemerintah dan industri untuk mewujudkan kolaborasi penta helix untuk bangkit pasca pandemi.

Bacaan Lainnya

Kaprodi Sistem Informasi UNP, Adhitia Erfina mengungkapkan, acara ini sukses lantaran menghadirkan 100 lebih dari berbagai penjuru Indonesia yang merupakan para peneliti seperti dosen dan mahasiswa.

“Untuk acaranya kita lakukan secara daring, mengingat masih dalam suasana pandemi,” terangnya kepada Radar Sukabumi, Senin (5/9).

Seminar nasional tahun ini mengusung tema ” Inovasi sistem informasi sebagai elemen dalam meningkatkan daya saing di bidang riset dan teknologi pasca pandemi”. Pihaknya menghadirkan berbagai narasumber ternama yang ahli dibidangnya.

Pembicara pertama oleh Dosen Sistem Informasi ITS Surabaya Tony Dwi Susanto, kemudian dilanjut dengan Kepala Pusat Riset Sains Data dan Informasi BRIN Esa Prakasa dan pembicara ketiga yaitu CEO Progate Indonesia Norman Ganto.

“Masing-masing narasumber memberikan materi sesuai dengan perannya. Pak Esa dari BRIN memaparkan mengenai peran pemerintah dalam tata kelola data sains dan informasi di Indonesia. Pak Tony dosen dari ITS memaparkan mengenai peluang-peluang peneliti di bidang Sistem Informasi untuk memberikan kontribusi melalui penelitian. Pak Norman dari Progate memaparkan upaya yg dapat dilakukan industri untuk bangkit setelah terpuruk karena covid dan para pemakalah memeberikan ide-ide bangkit pasca pandemi melalui penelitianya,” ujarnya menjelaskan.

Adhitia berharap insan perguruan tinggi dapat memberikan kontribusi untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat dari keterpurukan pasca pandemi sesuai dengan tagline pemerintah melalui ide-ide yang diciptakan dari penelitian yang dilakukan. (wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.