Perkuat Jaringan Internasional, Nusa Putra Sukabumi Jalin Kerjasama dengan KTU Turki

Nusa Putra Gandeng KTU Turki
Nusa Putra Gandeng KTU Turki.

SUKABUMI – Untuk meningkatkan perannya di kancah global serta mendorong posisi kampus dengan jajaran World Class University, Universitas Nusa Putra (UNP) kembali membangun kerjasama dengan kampus luar negeri asal Turki, Karadeniz Technical University (KTU).

Setelah melewati proses diskusi dan penyamaan persepsi, Wakil  Rektor I Nusa Putra Anggy Pradifta Junfithrana langsung terbang ke Trabzon-Turki untuk menindaklanjuti kerjasama tersebut.

Bacaan Lainnya

Kedatangan Wakil Rektor Nusa Putra disambut oleh Prof. Halil Ibrahim Okumus selaku Vice Rector 1 KTU. Pihaknya menyambut baik kolaborasi ini dan selanjutnya akan mempersiapkan penandatangann MoU dan MoA oleh rektor kedua universitas tersebut dalam waktu dekat ini.

“Kami menyambut baik kolaborasi dengan Nusa Putra University, ini akan membawa posisi kami pada level berikutnya sebagai kampus kelas dunia,” ujar Prof. Halil Ibrahim Okumus kepada Radar Sukabumi, Selasa (28/6).

Masih kata Prof. Halil Ibrahim, kampusnya dan Nusa Putra memiliki orientasi global yang sama, apalagi sebagai kampus dengan basis keilmuan teknik, pihaknya yakin ada sinergi yang baik dengan Nusa Putra.

“Saya sendiri expertise bidang Teknik Elektro, Nusa Putra punya Teknik Elektro, ini benar-benar sinergi yang baik tentu saja di bidang ilmu yang lain juga,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I Nusa Putra Anggy Pradifta Junfithrana menuturkan, saat ini kampusnya sudah berkolaborasi dengan puluhan kampus luar negeri di berbagai benua.

Menurutnya, selain untuk menyejajarkan posisi dengan kampus-kampus kelas dunia, hal itu juga dilakukan untuk memenuhi indikator kinerja utama dimana perguruan tinggi/prodi harus bekerjasama dengan mitra kelas dunia.

“Kita sudah bekerjasama dengan puluhan universitas dari berbagai benua dari Asia sampai Eropa, cakupannya mulai dari pertukaran pelajar, pertukaran dosen, kolaborasi riset dan kegiatan-kegiatan internasional lainnya,” terang Anggy.

Dalam waktu dekat ini, kata Anggy, kampusnya akan mengadakan pertukaran pelajar dan dosen sebagi tindak lanjut kerjasama dengan universitas-universitas tersebut.

“Kalau pertukaran pelajar kita udah berjalan, sekarang sedang dipersiapkan untuk lecturer exchange dan staff exchange,” katanya.

Diketahui, Nusa Putra merupakan perguruan tinggi yang memiliki program internasional yang cukup banyak. Bahkan, kampus yang berlokasi di Sukabumi, Jawa Barat itu memiliki ratusan pelajar internasional dari berbagai negara diantaranya dari Prancis, Turki dan Armenia. (*/wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan