UMMI Perluas Jejaring, Bangun RS Hingga Buka Fakultas Kedokteran di 2022

Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI)
Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI)

SUKABUMI – Impian Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) untuk membuka Fakultas Kedokteran dan Rumah Sakit di Sukabumi pada 2022 sepertinya mulai mendapat angin segar.

Sebab rencananya mulai 1 April 2022 pembangunan Rumah Sakit dan Fakultas Kedokteran UMMI akan segera terwujud.

Bacaan Lainnya

” Pembangunan rumah sakit dan Fakultas Kedokteran ini sudah kita rencanakan sejak 2016 namun baru bisa terwujud di 2022. Insya allah per 1 April tahun ini kita sudah mulai akan melakukan pembangunan,” ucap Rektor Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Dr. Sakti Alamsyah, M.Pd. usai melakukan sosialisasi amdal di Desa Kebonmanggu bersama warga, Senin (10/1/2022).

Rencananya pembangunan rumah sakit dan Fakultas Kedokteran ini akan dibangun di tanah seluas 13,5 Hektare yang berada di kawasan Desa Kebonmanggu, Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi.

Sakti menambahkan pembukaan fakultas baru itu akan diawali terlebh dahulu dengan membuka rumah sakit. Pembangunan rumah sakit ini sebagai syarat untuk dibukanya fakultas kedokteran.

“Selain Fakultas Kedokteran dan Rumah Sakit di lahan tersebut juga rencananya akan dibangun fakultas farmasi dan hotel. Hotel ini untuk menampung keluarga pasien bila nanti harus menginap di rumah sakit.

Untuk pembukaan nanti rumah sakit UMMI akan menampung 150 bed dimana 150 bed ini akan rampung dalam kurun waktu 2 tahun kita bisa mendapatkan kualitas layanan akreditasi B dan kami akan penuhi layanan dan alat kesehatan untuk tipikal akreditasi rumah sakit B dan sudah kami laksanakan dan persiapkan,” terangnya.

Dikatakan Sakti, rencana program pembangunan rumah sakit dan fakultas kedokteran yang dilakuka oleh UMMI ini sebagai jawaban atas tingginya kebutuhan tenaga medis di Kota maupun Kabupaten Sukabumi.

Selain itu sebagai langkah ntuk mendukung pemerataan akses layanan kesehatan khususnya di wilayah Kabupaten Sukabumi. Sebab menurutnya selama ini Kabupaten Sukabumi kekurangan dokter untuk ditempatkan di setiap puskesmas yang ada di Kabupaten Sukabumi

“Keberadaan RS nanti untuk mendukung pemerataan akses layanan kesehatan, produktifitas kesehatan pekerja dan lanjut usia dengan hospital tourism,” paparnya.

Sementara itu Kepala Desa Kebonmanggu, Rasnita sangat mengapresiasi adanya pembangunan rumah sakit dan fakultas kedokteran oleh UMMI ini. Ia berharap dengan hadirnya pembangunan rumah sakit dan kampus 4 UMMI bisa memberdayakan masyarakat sekitar. (adv/wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *