Prodi Pendidikan Biologi UMMI dan UPI Berkolaborasi, Kembangkan Literasi dan Numerasi Guru IPA dan Biologi di Sukabumi

UPI dan UMMI
Prodi Pendidikan Biologi UPI dan Prodi Pendidikan Biologi UMMI Berkolaborasi

SUKABUMI – Mengusung tema Desain Praktikum, Asesmen, dan Pembelajaran Biologi Untuk  Mengembangkan Literasi dan Numerasi Siswa Program studi Pendidikan Boilogi Universitas Pendidikan  Indonesia (UPI) dan Prodi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) saling  berkolaborasi menggelar pengabdian masyarakat (PkM) bagi guru Pendidikan Biologi di Kota dan Kabupaten  Sukabumi yang diselenggarakan di Auditorium UMMI, Jumat dan Sabtu (22-23 September 2023).

Adapun kegiatan ini dihadiri 97 peserta yang terdiri dari guru-guru Biologi dan IPA di Kota dan Kabupaten  Sukabumi. Rektor UMMI Dr. Reny Sukmawani, M.P menyambut hangat adanya kerja sama yang dilakukan  oleh UMMI dan UPI.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan saat ini, khususnya bagi guru-guru SMP maupun SMA.

Sementara itu, Ketua Program Studi Pendidikan Biologi UPI Dr. Kusnadi, M.Si mengaku senang dengan adanya jalinan kerjasama antara UMMI dan UPI, dikatakannya kerjasama ini merupakan langkah yang baik.

Untuk itu, ia berharap kedepannya bisa terus menjalin kerja sama baik itu dalam aspek publikasi, riset,  pertukaran mahasiswa, dan lain-lain.

“Targetnya peserta yang hadir agar apa yang didapatkan pada workshop ini bisa diterapkan oleh para guru di  sekolah masing-masing,” ucapnya.

Adapun pada kegiatan ini dihadirkan empat pemateri yang mumpuni di bidangnya antara lain,

  1. Dr. Setiono, M.Pd, dari Prodi Pendidikan Biologi UMMI, yang memberikan materi Integrasi muatan nilai  pada pembelajaran biologi dalam konteks penguatan litrasi dan numerasi,
  2. Drs. Suhara, M.Pd, dari Prodi Pendidikan Biologi UPI, yang menyampaikan materi Implementasi  praktikum literasi dan numerasi pada pembelajaran Biologi dan IPA,
  3. Prof. Dr. Ari Widodo, M. Ed, dari Prodi Pendidikan Biologi UPI yang menyampaikan materi, Pemahaman  teori literasi dan numerasi pada guru Biologi dan IPA, serta
  4. Dr. Eni Nuraeni, M.Pd, dari Prodi Pendidikan Biologi UPI yang menyampaikan Implementasi assesment  literasi dan numerasi pada pembelajaran Biologi dan IPA.

Adapun pada kegiatan ini antusiasme peserta sangat terlihat pada banyaknya peserta yang mengikuti kegiatan,  aktif dalam memberikan pertanyaan, serta menghadiri kegiatan sampai selesai.

Beberapa peserta menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini sangat bermanfaat, memberikan khasanah ilmu  yang baru untuk diimplementasikan kepada siswa terkait literasi numerasi. Para peserta juga berharap bahwa  kegiatan seperti ini dapat senantiasa dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan. (adv/wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *