Mahasiswa UMMI Kembangkan Wisata Bamboo Winden Park di Geopark Ciletuh dengan Teknologi Education Code QR

Mahasiswa UMMI Kembangkan Wisata Bamboo Winden
Mahasiswa UMMI Kembangkan Wisata Bamboo Winden Park Di Geopark Ciletuh

SUKABUMI РTim Himpunan mahasiswa Program studi Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) kembali mengukir prestasi dengan berhasil lolos Program Holistik  Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,  Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) tahun 2021.

Tim yang diketuai oleh Putri Nida Nurulaini ( 2018) dengan anggota Lamia Putri (2018), Deude Anggia (2018), Diana Silfiani P (2018), Siti Mas Masropah (2018), Ilham Muhammad Rizki (2018) M. Nurfaizi (2018), Asri Nurapifah (2018), Aulia Nurjanuarti (2018), Ruddy Indra F (2019), Firhan Nurfaizi (2019), Laila Rahma (2019) dan Siti Nurazizah W (2019)tersebut mengambil judul riset tentang ” Pengembangan Wisata Bamboo Winden Park Waluran dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Ecoeduwisata Berbasis Teknologi Digital Edcor (Education Code QR) di Desa Caringin Nunggal Waluran Geopark Ciletuh”.

Bacaan Lainnya

Berada di kawasan Geopark Ciletuh, Desa Caringin Nunggal, Kabupaten Sukabumi merupakan salah satu tempat budidaya beragam jenis bambu, sedikitnya 25 jenis bambu ada di desa tersebut yang juga merupakan komunitas utama sehingga menjadi eksportir lokal di Provinsi Jawa Barat.

Dikatakan Putri, Desa Caringin Nunggal memiliki tempat wisata Bamboo Winden Park yang merupakan implementasi untuk memberikan edukasi dan mengubah pola pikir masyarakat yang seringkali berfikir bahwa tanaman bamboo merupakan salah satu tanaman yang merugikan, karena dianggap mampu menghabiskan sumber air bersih dan berbahaya.

Program ini bertujuan untuk mengubah pemahaman dan perubahan perilaku masyarakat terhadap potensi bambu, mengedukasi masyarakat dan wisatawan Bamboo Winden Park menggunakan Edcor, Menggerakan/memberdayakan masyarakat dalam menyediakan fasilitas mendasar pada tempat wisata Bamboo Winden Park, Mengembangkan wisata Bamboo Winden Park, dan meningkatkan perokonomian masyarakat sekitar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.