BEM Faperta UMMI Bahas Lumbung Pangan

BEM Faperta UMMI

SUKABUMI – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) menggelar webinar, dan musyawarah kerja wilayah II Ikatan Senat Mahasiswa Pertanian Indonesia yang dilaksanakan secara online melalui zoom meeting, Senin (25/10/2021).

Kegiatan yang mengangkat tema ” Mewujudkan Lumbung Pangan Nasional dan Menjamin Kesejahteraan Petani” ini diikuti 270 peserta dari mahasiswa, kelompok tani dan stakeholder terkait di bidang pertanian se wilayah II.

Bacaan Lainnya

Koordinator Wilayah II Ikatan Senat Mahasiswa Pertanian Indonesia, Maulana Malik mengatakan kegiatan webinar nasional ini merupakan rangkaian kegiatan dari musyawarah kerja wilayah II Ikatan Senat Mahasiswa Pertanian Indonesia yang ke-12 dengan mengangkat issu tentang lumbung pangan nasional dan kesejahteraan petani.

Adapun kata Malik, tujuan dari kegiatan Webinar nasional ini untuk membuka wawasan mengenai kondisi objektif pertanian sekarang ini dengan menghadirkan beberapa narasumber dari Kementrian Pertanian yang di wakili Peneliti Puslitbangtan I Nyoman, lalu Direktur PT. Sarana Pangan Madani Ade Putra Daulat, dan dari akademisi UMMI Amalia Nur Milla.

“Inti dari point point yang dibahas pada kegiatan ini bagaimana kita bisa mewujudkan lumbung pangan nasional sebelumnya kita mencapai Indonesia Emas pada tahun 2045 yang di mana Indonesia memiliki harapan bahwa Indonesia harus jadi lumbung pangan dunia.

Untuk itu, perlu ada nya strategi dari pihak-pihak terkait untuk mencapai tujuan itu, lalu dalam webinar ini pun kami mengangkat issu tentang kesejahteraan patani, karena hal tersebut hal yang akan menunjang terwujudnya lubung pangan nasional, pemerintah perlu memperhatikan kesejahteraan petani,” terang mahasiswa fakultas Pertanian UMMI angkatan 2017 ini kepada Radar Sukabumi.

Disinggung soal strategi, pria yang akrab disapa Maul itu menambahkan perlu diawali dengan kolaborasi antar instansi terkait, supaya bisa saling mendukung baru setelah itu harapan dan tujuan Indonesia mewujudkan lumbung pangan dunia bisa terwujud.

“Harapan kita setelah adanya webinar ini kita selaku mahasiswa pertanian Indonesia perlu menbantu merumuskan rencana wacana lumbung pangan dunia dan kesejahteraan petani, targetan kita jelas pada akhirnya Indonesia sebagai negara agraris harus mampu berdaulat pangan,” ucapnya.

Di akhir acara dilanjutkan dengan kegiatan inti yaitu Musyawarah kerja wilayah II yang ke 12 dengan tujuan menjalin silaturahmi lintas almamater Senat Mahasiswa Pertanian Indonesia Wilayah II, dan untuk membahas program kerja BPW II ISMPI Periode 2021-2023. (wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *