Cetak Lulusan Unggul, Universitas BSI Rancang Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka

  • Whatsapp
Kuliah BSI Aja

SUKABUMI – Tim hibah kerja sama kurikulum program studi ilmu Komputer Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Sukabumi, menggelar rapat koordinasi perancangan kurikulum merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). Acara yang digelar secara online melalui zoom ini, dilaksanakan, pada Rabu (28/07).

Ketua tim Hibah Kerja Sama kurikulum, sekaligus kaprodi Ilmu Komputer kampus kota sukabumi Denny Pribadi, menjelaskan, acara penyusunan kurikulum ini, tak lepas dari rujukan terkait berbagai kebijakan maupun standar nasional, yang akan disesuaikan dengan dengan karakteristik dari Pendidikan tinggi itu sendiri.

Bacaan Lainnya

Kebijakan tersebut yang meliputi tridarma perguruan tinggi, yakni, Pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Tranformasi kurikulum menjadi sangat penting untuk membekali lulusan perguruan tinggi agar menjadi lulusan yang unggul, berwawasan dan sesuai dengan perkembangan zaman.

“Program Studi ilmu Komputer, Universitas BSI kampus Sukabumi menyiapkan kurikulum pembelajaran yang mengacu pada kebijakan Merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) yang di gulirkan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek ) untuk mencetak lulusan yang terampil,lentur, ulet dan relevan sesuai dengan kebutuhan zaman,” ujar Denny.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Non akademik Ibu Diah Puspitasari turut hadir dan memberikan sambutannya. Menurutnya, ini menjadi hibah kurikulum pertama, yang didapat Universitas BSI melalui prodi Ilmu Komputer, Universitas BSI kampus Sukabumi.

Dengan adanya hibah ini, ia berharap dapat memotivasi dan menginpirasi prodi yang lain untuk terus bergerak dan tertantang ke arah yang lebih positif.

“Selamat untuk Universitas BSI kampus Sukabumi untuk pencapaiannya. Semoga bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi prodi yang lain, dan mampu bergerak tertantang ke arah yang lebih positif” tutur Diah dalam sambutannya.

Ia juga menambahkan, kurikulum yang dirancang saat ini, bisa mendekatkan mahasiswa dengan dunia industri.

“Kurikulum yang dirancang disesuaikan dengan kondisi terakhir, yaitu perguruan tinggi, alumni, dengan DUDI (Dunia Usaha Dunia Industri) bisa lebih matching lagi,” tambahnya.

“Universitas BSI terus mendukung MBKM terutama yang diinisiasi oleh Kemdikbudristek, seperti Hibah Kurikulum, Program Bangkit dan Transfer Studi Internasional. Hal ini menjadi bukti bahwa Universitas BSI dapat bersaing dengan perguruan tinggi ternama lainnya baik yang PTN, maupun yang PTS,” pungkasnya.(wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *