SMKN 2 Bangga Berbatik

  • Whatsapp

SUKABUMI – SMK Negeri (SMKN) 2 Sukabumi ikut memperingati Hari Batik Nasional, yang jatuh setiap 2 Oktober.

Seluruh guru dan pelajar sekolah yang beralamat di Jalan Pelabuhan II Cipoho, Kelurahan Cikondang, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi itu mengenakan batik, Selasa (2/10).

Bacaan Lainnya

Aneka corak batik yang dikenakan para guru, pelajar dan staf SMKN 2 Sukabumi, memberikan gambaran betapa bangsa ini kaya dengan warisan budaya.
Asisten Wakil Kepala SMKN 2 Kota Sukabumi Kusmawan Ruswandi mengatakan, batik merupakan jati diri bangsa Indonesia.

“Batik itu merupakan jati diri bangsa Indonesia, juga ciri khas serta identitas Indonesia. Untuk itu kita wajib memiliki rasa bangga memakai batik,”ungkap Kusmawan saat ditemui Radar Sukabumi di SMKN 2 Sukabumi.
Jika biasanya para pelajar mengenakan batik sekolah yang sama (Seragam batik,red), namun khusus di Hari Batik Nasional kemarin mereka mengenakan batik dengan corak bebas.

“Untuk memperingati Hari Batik Nasional kita tidak ada kegiatan khusus, kami hanya menginstruksikan seluruh
pelajar menggunakan batik bebas, tidak usah batik sekolah juga tidak apa-apa,”lanjut Kusmawan.
Dari tahun ke tahun, Hari Batik Nasional selalu diperingati dengan menggunakan pakaian batik, baik itu seluruh guru, staff, maupun para pelajar.

“Tidak ada agenda khusus dalam memperingati Hari Batik Nasional, karena kami juga tengah mempunyai agenda lain yaitu mempersiapkan kegiatan keberangkatan tamu organisasi atau juga Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS),”ujarnya.

Biasanya kegiatan yang berkaitan dengan batik diselenggarakan dalam memperingati Hari Kartini, beragam perlombaan diadakan termasuk lomba Batik Fashion Show dan Mojang Jajaka Sekolah.

“Insya Allah ke depan dalam memperingati Hari Batik Nasional akan ada agenda khusus atau membuat kegiatan yang lebih erat kaitannya dengan batik,”tandasnya.

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *