Siswi MAN 1 Harumkan Kota Sukabumi, Lolos Seleksi MSLA 2022

MAN 1 Kota Sukabumi

SUKABUMI – Siswi MAN 1 Kota Sukabumi bernama lengkap, Siti Hamidah berhasil mengharumkan nama MAN 1 Kota Sukabumi dalam ajang Madrasah Student Leadership Award (MSLA) 2022. Kegiatan ini diperuntukkan bagi madrasah se-Indonesia.

Siti Hamidah yang saat ini tercatat sebagai siswi kelas XII IPA 5 tersebut lolos seleksi MSLA 2022 yang diselenggarakan Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Madrasah Kementrian Agama Republik Indonesia.

Bacaan Lainnya

Di sela-sela kesibukannya sebagai seorang pelajar, Radar Sukabumi berhasil mewawancarai siswi tersebut. Siti mengaku seleksi MSLA 2022 ini berawal dari ajakan Guru Kesiswaan MAN 1 Kota Sukabumi, Muntamah.

Ia pun tidak menyangka bisa lolos seleksi MSLA, sebab persiapan yang dilakukan sangat mepet sehingga kurang kesiapan saat mengikuti awal kegitan tersebut.

“Saya mengikuti kegiatan seleksi ini benar benar pada akhir pendaftaran, saya kira tidak akan lolos karena saya mendaftarkan diri secara dadakan dan di salah syarat pendaftaran kegiatan tersebut yaitu membuat video perkenalan diri. Video tersebut saya buat dibantu oleh teman jurnalistik yaitu Jesa. Tidak disangka ternyata saya bisa lolos diseleksi tersebut,” ucapnya semringah.

Di bawah bimbingan gurunya, Viqhi Aswie pada tahap seleksi kali ini, peserta harus membuat projek aksi sosial yang ditulis secara essai. Selama mengikuti training leadership peserta terbagi 3 zona yaitu zona l (Sumatera tempat training di Jabodetabek), Zona ll ( Jawa-Bali tempat training di Jawa Timur) dan zona III (Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua tempat training di Jabodetabek).

” Selama training saya terpilih untuk masuk ke zona 2 yaitu di Jawa Timur yang akan dilakanakan pada 28-30 September 2022,” imbuhnya.

Sementara itu, guru pembimbing lomba, Viqhi Aswie mengatakan saat ini ia sedang mempersiapkan projek aksi sosial, persiapan ini dalam rangka menuju grand final.

“Persiapannya, melakukan pembimbingan dan merencanakan proyek perubahan sematang mungkin,” terangnya.

Menurutnya di era saat ini sudah saatnya stereotipe terkait wanita hanya seorang ibu rumah tangga harus dihilangkan. Untuk itu, ia pun selalu mengajarkan kepada para pelajar khususnya perempuan untuk berani menjadi pemimpin di masa depan. Lantaran ia menilai, perempuan juga memiliki hak yang sama dengan pria di masa depan.

Ditemui terpisah, Wakil Kepala Bidang Humas MAN 1 Kota Sukabumi, Dasep memohon doa dan dukungannya agar siswinya yang bernama Siti Hamidah bisa kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional.

“Lomba MSLA terdiri dari beberapa tahapan seleksi yang begitu ketat dengan peserta yang cukup banyak karena ini lombanya pelajar MAN se-Indonesia, adapun seleksinya mulai dari seleksi administrasi, konten essai dan training leadership. Mohon doa dan dukungannya, semoga siswa MAN 1 Kota Sukabumii dilancarkan dan dimudahkan mengikuti Training Leadership di Jawa Timur serta melaju ke grand final. Aamiin,” pungkasnya. (wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.