SDN Nyomplong Sukabumi Khotmil Qur’an 30 Juz

SDN Nyomplong
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi, Mochamad Hasan Asari memberikan sambutan .

SUKABUMI – Berhasil menjadi trendsetter penyelenggara pertama dan satu-satunya kegiatan Khotmil Qur’an 30 Juz di kalangan SD di wilayah Kota Sukabumi pada Ramadan tahun lalu dan sekarang, Kota Sukabumi, pada Sabtu (23/4/2022).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi, Mochamad Hasan Asari serta dihadiri Pengawas Pembina Sekolah Dasar Yayat Gani Permana,  Ketua Komite SDN Nyomplong

Bacaan Lainnya

Lina Revelina serta perwakilan orangtua siswa sebagai partisipan peserta Khotmil Qur’an.

Kegiatan ini pun mendapat apresiasi dari Kadisdik Kota Sukabumi, ia mengatakan kegiatan ini dapat menjadi contoh dan motivasi sekolah lainnya.

“Sangat bagus dan perlu di apresiasi karena sesuai himbauan saya di Bulan Ramadan agar lebih banyak melaksanakan kegiatan keagamaan dan alhamdulilah beberapa sekolah sudah mulai melaksanakan termasuk SDN Nyomplong ini yang juga mereka adalah penggagas kegiatan  Khotmil Qur’an 30 Juz,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala SDN Nyomplong Sri Saltika Dikriani, menyebutkan  Khotmil Qur’an 30 Juz merupakan kegiatan tahun ke-2 dan akan menjadi kegiatan rutin setiap bulan Ramadan setiap tahunnya.

“Insya Allah kegiatan ini akan menjadi kegiatan rutin setiap tahun dan akan ditingkatkan atau dikembangkan dengan inovasi-inovasi “mengejutkan” lainnya,” tutur Sri.

Kegiatan ini pun, ditambahkan Sri dalam rangka mendukung program pemerintah Kota Sukabumi sesuai dengan visi nya yaitu “Renyah” yaitu Religius, Nyaman dan Sejahtera.

Hal ini tentunya beriringan dengan visi SDN Nyomplong yaitu menciptakan warga sekolah yang religius, dengan slogan Sekolah : Nyomplong is ” The Religous & Happy School”.

“Alhamdulillah ini salah satu bentuk dukungan untuk membangun warga Kota Sukabumi yang religius, kegiatan ini pun salah satunya dapat memperat silaturahmi sekolah dan orang tua siswa.

Sekolah dengan para orangtua memanfaatkan berkah moment bulan suci Ramadan dalam upaya membentuk kesalehan spiritual untuk seluruh warga sekolah, terutama para siswa, dengan cara memberikan contoh dan teladan dalam mendawamkan ayat suci Alqur’an.

Dimulai dari guru dan orangtua yang menghatamkan Alqur’an secara serentak, diharapkan mampu menjadi motivasi dan awal penerapan pembiasaan membaca Al-Qur’an kepada siswa baik di sekolah maupun di rumah,” terangnya.

lanjut Sri, selain Khotmil Qur’an 30 Juz diisi dengan acara salat Ashar dan magrib berjamaah. Dzikir, doa dan sujud syukur bersama, pembacaan Tahlil (Hadiah), Tausiyah, sujud syukur serta peberian penghargaan kepada siswa pada acara perlombaan Gebyar Sholawat & Musabaqoh Syarhil Qur’an yang dilaksanakan secara virtual dari setiap kelas, pemberian sertifikat Khotmil Qur’an kepada peserta tilawah bersama orangtua siswa dan dewan guru sebagai peserta, pemberian sertifikat penghargaan untuk seluruh panitia pendukung acara dari pihak komite sekolah kemudian acara dilanjut dengan buka puasa bersama diakhiri dengan acara hiburan.

Sementara itu Pengawas Pembina Sekokah Dasar, Yayat Gani Permana sangat bangga dan senang dengan kegiatan keagamaan yang dilakukan oleh SDN Nyomplong.

“Saya Merasa bangga ya, baru pertama diundang dan menghadiri acara yang sangat baik seperti ini untuk lingkungan sekolah. semoga menjadi langkah awal untuk dapat menerapkan pedoman dan nilai-nilai baik yang terkandung dalam AlQur’an dikehidupan sehari-hari,” pungkasnya. (wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.