SDN Cipanengah CBM Ikut LSS Jabar

Kepala SDN Cipanengah CBM foto bersama dengan siswa-siswi yang ikut ekstrakulikuler Dokcil SDN Cipanengah CBM dan pembinanya.

PENDIDIKAN SUKABUMI – SDN Cipanengah CBM menjadi Juara 1 Lomba Sekolah Sehat (LSS) Kota Sukabumi belum lama ini. Dengan begitu SDN Cipanengah CBM mewakili Kota Sukabumi mengikuti LSS tingkat Jawa Barat (Jabar).

Kepala SDN Cipanengah CBM, Nana Mulyana menerangkan, untuk saat ini ingin membangkitkan kembali semangat mewujudkan lingkungan sekolah yang sehat. Bagi Nana dengan hal tersebut yang terpenting pihaknya berusaha mewujudkan sekolah yang bersih, siswa-siswi yang sehat, dan prestasi yang meningkat.

Bacaan Lainnya

“Semoga saja menjadi inspirasi bagi lainnya,” tuturnya optimis yang juga memohon doa restu kepada masyarakat Kota Sukabumi untuk dapat mengikuti LSS dengan optimal.

Tim Dokcil SDN Cipanengah CBM saat di kebun Toga.

Ia menambahkan, beberapa life skill yang kini dipersiapkan untuk menunjang LSS tingkat Jabar di sekolahnya yakni melatih para Dokter Cilik (Dokcil) SDN Cipanengah CBM di bawah bimbingan TP UKS Kota Sukabumi, Dinas P dan K Kota Sukabumi, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan, Dinas Lingkungan Hidup dan Puskesmas Cikundul.

Mempersiapkan ruang UKS yang representatif, merealisasikan kebun stroberi dan kebun Tanaman Obat Keluarga (Toga) sebagai sarana siswa-siswi SDN Cipanengah CBM.

Sementara itu, Pembina UKS SDN Cipanengah CBM, Nia Kurnia menjelaskan sejumlah pembinaan yang dilakukan pihaknya adalah kegiatan Pola Hidup Sehat dan Bersih (PHBS), cuci tangan pakai sabun, gizi seimbang, kesling, kesehatan gigi dan mulut, mengenal berbagai penyakit, cara penggunaan obat, dan pertolongan pertama pada gawat darurat.

epala SDN Cipanengah CBM, Nana Mulyana foto bersama dengan para guru SDN Cipanengah CBM bersama penghargaan pemenang LSS 2019 tingkat Kota Sukabumi.

“Pembinaan ini bekerjasama dengan Puskesmas Cikundul,” katanya. Bekerjasama juga dengan Dinas Kesehatan Kota Sukabumi untuk life skillnya dan pemeliharaan dan penanaman dengan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan Kota Sukabumi. Ada juga pembinaan penanganan sampah melalui program Keranjang Sedekah Plastik (Ketik). (dit)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan