SDN Brawijaya Sukabumi Khatam Al-Qur’an

SDN Brawijaya, Gunungpuyuh Kota Sukabumi
SDN Brawijaya, Gunungpuyuh Kota Sukabumi menggelar acara khataman Al-Qur'an bersama seluruh siswa, guru dan orang tua siswa di SDN Brawijaya, Kamis (21/4/2022).

SUKABUMI – Di bulan suci Ramadan SD Negeri (SDN) Brawijaya, Gunungpuyuh Kota Sukabumi menggelar acara khataman Al-Qur’an bersama seluruh siswa, guru dan orang tua siswa di SDN Brawijaya, Kamis (21/4/2022).

Kegiatan Tilawah Al-Qur’an dimulai pukul 06.00 Wib tersebut merupakan rangkaian penutupan kegiatan Sanlat Ramadan yang diselenggarakan mulai Senin hingga Kamis 18-21 April 2022.

Bacaan Lainnya

Kepala SDN Brawijaya Histato D Kobasah mengatakan, kegiatan penutupan Sanlat Ramadan ditutup dengan kegiatan Tilawah Al-Qur’an Juz 30 dengan diikuti seluruh keluarga besar SDN Brawijaya mulai daru guru, murid dan orang tua siswa.

“Alhamdulillah, kita sudah menghatamkan Al-Qur’an di penutupan Sanlat Ramadan yang dilaksanakan pada Kamis (21/4/2022).

Untuk yang di sekolah ini kita melaksanakan tilawah juz 30 sedangkan untuk juz 1-29 itu dilaukan secara mandiri di rumah masing-masing,” terang Histato kepada Radar Sukabumi, Jumat (22/4).

Histato menambahkan, pihaknya sangat bangga karena kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh para guru dan siswa saja, tetapi para orang tua ikut berpartisipasi pada kegiatan yang baik ini.

Dikatakannya selama Ramadan ini sesuai arahan dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi bahwa untuk kegiatan pembelajaran lebih banyak diisi dengan kegiatan keagamaan selama Ramadan.

Menindak lanjuti arahan dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tersebut, SDN Brawijaya secara khusus menggelar kegiatan Sanlat Ramadan yang dilaksanakan empat hari.

Adapun kegiatan ini meliputi Salat Duha khusus untuk kelas IV, V dan VI yang dilaksanakan di musala dilanjut dengan pemberian materi keagamaan kemudian pembacaan ayat suci Al-Qur’an usai pembelajaran sekolah selama 45 menit yang dilaksanakan di kelas masing-masing mulai kelas I-VI.

“Sebenarya untuk pebacaan ayat suci Al-Qur’an ini, di luar Ramadan kita pun sering melakukannya, hanya saja pada kegiatan sehari-hari pembacaan ayat suci Al-Qur’an dilaksanakan sebelum pembelajaran dimulai selama 15 menit namun selama Ramadan dilakukan setelah selesai belajar selama 45 menit,” ucapnya.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan keimanan serta derajat ketakwaan keluarga besar SDN Brawijaya. Selain itu dengan sering membaca Al-Qur’an setiap hari diharapkan siswa bisa lebih dekat dan cinta terhadap Al-Qur’an.

“Harapannya semoga kegiatan ini salah satu kegiatan terbaik di bulan Ramadan, dan setelah Ramadan ada perbaikan baik itu dari sikap dan kebiasaan untuk lebih baik lagi,” pungkasnya. (wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.